MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Jumat, 04 Maret 2016

Wali Kota Makassar Minta Warga Shalat Kusuf


smartcitymakassar.com -Makassar- Langit pagi kota Makassar akan menjadi gelap seiring tertutupnya piringan matahari oleh bulan pada waktu memasuki puncak gerhana matahari, rabu ( 9/3/2016 ). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika wilayah IV Makassar memberitahukan peristiwa langka ini akan berlangsung tepat pada pukul 08.35:55 WITA.

Walikota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto setelah bertemu beberapa  pimpinan BMKG wilayah IV Makassar di rumah jabatan Walikota , kamis (2/3/2016)  menghimbau kepada seluruh warga kota Makassar untuk melakukan shalat kusuf pada saat proses gerhana matahari berlangsung.

“Untuk yang muslim, saya menghimbau mari kita sama – sama menunaikan shalat kusuf sebanyak dua rakaat pada saat gerhana matahari tiba. Yang ingin berjamaah bersama kami silahkan datang di anjungan pantai losari. Di sana kita akan zikir, shalat, sekaligus melakukan perenungan tentang kebesaran Allah. Saya sarankan, yang ingin ikut shalat berjamaah untuk menggunakan pakaian putih, agar suasananya lebih hikmat “ ujar Danny Pomanto.

Festival gerhana matahari 2016 akan di laksanakan di anjungan pantai losari dengan melibatkan 10 ribu pelajar se kota Makassar. Festival ini mengambil tema “ Battu Rattema’ ri Bulang “ dengan menggabungkan tiga unsur, yakni religius, sains dan budaya.

“ Fenomena gerhana matahari adalah wujud kebesaran Allah yang di perlihatkan secara kasat mata ke manusia. Jika kita bisa berpikir lebih jernih, kita pasti sadar betapa kecilnya manusia di mata Allah, inilah momentum untuk kita melakukan kontenplasi, kita gelar salat kusuf yang di pimpin imam, mendengarkan khutbah, zikir dengan pujian – pujian kepada Allah. Umur kita ada batasnya, bisa jadi gerhana ini menjadi gerhana matahari terakhir buat kita, olehnya itu, semoga ini peristiwa ini menjadi pengingat mengenai kodrat kita yang sebenarnya sebagai manusia “ lanjutnya.

Kegiatan ini baru pertama kali di gelar di kota Makassar, juga akan di isi pemutaran video tentang gerhana matahari, serta penjelasan ahli astronomi dari BMKG. Selain itu, sejumlah atraksi budaya akan di gelar termasuk menyanyikan lagu Battu Rattema’ ri Bulang secara massal.

Sementara itu, Irwan slamet, Kepala bidang observasi BMKG wilayah IV dalam pertemuan itu menjelaskan puncak gerhana matahari di kota Makassar berlangsung pukul 08.35:55 WITA.

“ Untuk kota Makassar, proses gerhana matahari akan berlangsung selama 2 Jam 29 menit. Fase pertama diawali saat bulan perlahan mulai menyentuh piringan matahari, itu akan terjadi pada pukul 07.26:30  WITA. Proses ini akan terus berlangsung hingga mencapai puncak gerhana matahari yang akan terjadi pada pukul 8.35:55 wita. Selanjutnya fase terakhir saat matahari kembali bersih pada pukul 9:55:40 WITA “ ujar Irwan. Menurutnya, puncak gerhana matahari di langit kota Makassar mencapai 88,6 persen, dan akan berlangsung  selama 2,5 menit.

Sementara Kepala Dinas Kominfo Kota Makassar, Muhammad Ismounandar yang ikut mendampingi Danny Pomanto  menyampaikan sejumlah fasilitas pendukung yang akan di siapkan di anjungan pantai losari pada saat festival berlangsung.

“ Insya Allah kegiatan ini akan di dukung dengan sebuah videotron untuk menayangkan sejumlah film dokumenter tentang astronomi, termasuk kacamata gerhana untuk melindungi mata pada saat menyaksikan proses gerhana matahari berlangsung. Selain itu, kita juga akan di berikan teropong bintang oleh Telkomsel untuk melihat proses gerhana matahari lebih dekat “ ujar Ismounandar.

Dalam acara ini, Diskominfo kota Makassar bekerjasama dengan Telkomsel menggelar lomba video dan foto menggunakan smartphone dengan tema Gerhana matahari Makassar 2016. (iskandar burhan)