MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Sabtu, 21 November 2015

Enam Dimensi Terbangunnya Smart City



smartcitymakassar.com. – Konsep kota cerdas ( smart city) yang saat ini banyak diterapkan oleh kota-kota dunia memiliki beragam variasi serta fokus yang berbeda-beda. Namun pada prinsipnya sama dalam berbagai dimensi aplikasi.

Setidaknya, ada 6 dimensi yang dimiiki sebuah kota cerdas, sebagaimana dikutip dari situs amsterdamsmartcity.com. Keenam dimensi itu adalah;

1.       Smart Economy, yang mencakup inovasi dan persaingan. Jika semakin banyak inovasi dikembangkan, maka akan menambah peluang usaha baru dan peningkatan daya saing pasar.
2.       Smart Mobility, yakni yang mencakup transportasi dan infrastruktur yang terintegrasi serta memanfaatkan teknologi untuk efektivitas dan efisiensi yang maksimal.
3.       Smart Environment, yakni penghadiran lingkungan yang nyaman dan berkelanjutan  dalam sumberdaya. Penataan lingkungan menjadi sangat penting di sini.
4.       Smart People, yakni adanya sumberdaya manusia mampu secara kreatif mendayagunakan, baik itu modal ekonomi (economic capital) maupun modal sosial (social capital).
5.       Smart Living, yakni tetbangunnya nilai-nilai budaya yang dinamis serta positif dalam subuah masyarakat.

6.       Smart Governance, yakni terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik serta dukungan partisipasi masyarakat yang kuat.* (Iskandar Burhan)