MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Kamis, 25 Agustus 2016

Teknologi Optimizr: Aplikasi Inovatif Pemasaran di Sosial Media

Sumber: website Optimizr / www.optimizr.eu

Smartcitymakassar.com. --Makassar- Sosial media, suatu jaringan sosial dengan ratusan jutaan 'posting' perhari, telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam strategi pemasaran. Namun demikian, aplikasi atau 'tool' yang ada sekarang guna memantau dan menganalisis terbukti tidak efisien dalam mengukur dampak dari kampanye dan perhitungan keuntungan (Return on Investment).

Menjawab tantangan tersebut, sebuah proyek yang didanai oleh Uni Eropa lewat skema FP7-SME telah menciptakan teknologi guna meningkatkan efisiensi dalam kampanye pemasaran di media sosial. Teknologi tersebut disebut 'Optimizr' atau (Online Analysis Tool for the Optimization of Social Media Campaigns).

Proyek ini bertujuan untuk memahami struktur dari media sosial dan dampaknya terhadap penyebaran informasi. Aplikasi atau 'tool' yang dihasilkan dapat meningkatkan efisiensi dan memaksimalkan kampanye pemasaran di sosial media untuk produk, jasa dan merek ke target pelanggan.

Teknologi berfungsi menganalisa penyebaran atau pengiriman informasi berbasis-konten. Selain itu, juga menganalisa berbagai layanan di jaringan sosial yang populer. Analisa ini membantu untuk mengungkapkan siapa yang punya pengaruh (influencer), menentukan komunitas online yang paling optimal bagi target kampanye, serta melakukan proyeksi atau 'forecast' dampak potensi di jaringan sosial.

Teknologi ini, seperti dituliskan di web Cordis (Community Research and Development Information Service), dapat membantu melakukan revolusi dalam analisis jaringan sosial, memungkinkan industri bidang pemasaran mampu melakukan pemasaran online yang efektif, serta berhasil dalam periklanan di internet.* (Riad Mustafa)

Sumber: Website of Optimizr and Cordis (Community Research and Development Information Service)