MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Minggu, 03 Desember 2017

Peringati Hari Disabilitas Internasional, Danny: Ini Wujud Dukungan untuk Hak dan Martabat Kaum Difabel






(Foto: Humas Pemkot Makassar)

smartcitymakassar.com - Makassar - Hari Disabilitas Internasional diperingati setiap tanggal 3 Desember. Perayaan di setiap daerah berbeda-beda. Di Kota Makassar sendiri diperingati dengan mendaki gunung dan jalan santai yang dibuka langsung oleh Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan 'Danny' Pomanto, Minggu (3/12/2017).

Peringatan tersebut sebagai bentuk kampanye penyadaran masyarakat terhadap permasalahan yang berkaitan dengan penyandang cacat.

"Ini juga dilakukannya turut serta sebagai wujud kepedulian dan dukungan kepada penyandang cacat agar hak, martabat dan kesejahteraannya meningkat," ucap Danny. 

Dengan mengangkat tema nasional yaitu menuju masyarakat inklusif, tangguh dan berkelanjutan ini sesuai UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas. 

"Saya pikir dengan melihat temanya ini maka ketangguhan mental penyandang disabilitas juga harus ditempa agar tidak merasa rendah diri ketika berada di tengah masyarakat dan tidak mudah putus asa saat menghadapi persoalan," ucapnya.

Kata Danny,  penyandang cacat tak boleh didiskriminisasi karena kedudukan hak dan martabat penyandang cacat (disibilitas) sama dengan warga negara indonesia lainnya dalam setiap aspek kehidupan.

Olehnya itu, Danny menghimbau agar sudah seharusnya seluruh masyarakat indonesia sadar dan memandang positif pada setiap perbedaan yang ada. 

Danny juga menambahkan kedepan ia akan terus berupaya meningkatkan penyediaan fasilitas umum khusus difabel dan ia tak lupa persoalan kesejahteraan juga menjadi masalah serius yang harus dibenahi. 

"Kesehatan dan rehabilitasi bagi penyandang disabilitas juga perlu diperhatikan untuk memfungsikan kembali dan mengembangkan kemampuan fisik, mental serta sosial seperti dengan memberi motivasi hidup," ungkapnya. (*Iskandar Burhan)