MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Rabu, 17 Januari 2018

Gubernur SYL Resmikan Kantor UPT di Jeneponto



(Foto: Istimewa)

Smartcitymakassar.com. --Jeneponto- Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) meresmikan kantor Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pendapatan dan Samsat Wilayah Jeneponto, Rabu (17/01/2018).


UPT ini hadir karena Kabupaten Jeneponto yang terus tumbuh dan berkembang baik jumlah penduduk bersama jumlah kendaraan yang ada. Data tahun 2016 penduduk Jeneponto sebanyak 357.807 jiwa, sedangkan jumlah kendaraan per 31 Desember 2017 mencapai 43.914 unit kendaraan.

Gubernur SYL menyebutkan, Kabupaten Jeneponto tumbuh sangat baik, perekonomian masyarakat semakin membaik dan mengakibatkan masyarakat lebih mampu memiliki kendaraan bermotor.

"Ini karena akselarasi perekonomian, dinamika dan mobilitas masyarakat semakin meningkat yang menghadirkan masyarakat mampu memiliki kendaraan," kata SYL.

Hadirnya kantor ini, lanjut SYL, akan memacu pelayanan publik yang lebih baik dan masyarakat lebih sadar untuk membayar pajak.

Gubernur SYL menyebutkan, masyarakat Sulsel dan Jeneponto adalah masyarakat yang taat membayar pajak. Dari pajak masyarakat, pemerintah mampu menghadirkan fasilitas dan pelayanan publik yang baik.

Sementara itu, Bupati Jeneponto Iksan Iskandar berharap hadirnya kantor Samsat ini dapat meningkatkan pendapatan daerahnya.

"Kita merasakan manfaatnya, termasuk dari bagi hasil yang ada, di tahun 2017 kemarin sebesar Rp45 miliar, dimana tahun-tahun sebelumnya hanya Rp20 dan Rp38 miliar, kita berharap akan lebih meningkat lagi," terang Iksan.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel Tautoto Tanaranggina menyebutkan, pembangunan Samsat Wilayah Jeneponto menggunakan sumber dana dari APBD Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2017 sebesar Rp2,95 miliar. Berdiri di atas tanah seluas 1.800 meter-persegi (M2), merupakan lahan milik Pemerintah Jeneponto yang dihibahkan pada Pemerintah Provinsi Sulsel.

Kepala UPT Samsat Wilayah Jeneponto, Sofyan, mengatakan bahwa tren kepemilikan kendaraan meningkat dimana animo masyarakat cukup bagus untuk pembelian kendaraan bermotor baru terutama di akhir Desember.

"Hingga saat ini jumlah kendaraan roda empat berjumlah 38.000 unit," ucap Sofyan.* (Jahir/Fatahillah Mansur)