MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Rabu, 17 Januari 2018

Rilis BMKG Wilayah IV: Terjadi Gempa Bumi di Mamuju Tengah, Tidak Berpotensi Tsunami


(Foto: Aplikasi IOS, Info BMKG) 

Smartcitymakassar.com. --Makassar- Kepala 
Balai Besar BMKG Wilayah IV Makassar, A. Fachri Radjab, lewat rilisnya, memberitahukan bahwa telah terjadi gempa bumi tektonik di wilayah Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat (Sulbar).

Dari Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 10:47:45 WITA Rabu (17/01/2018), berlokasi di laut pada jarak 52 km sebelah barat daya Mamuju Tengah, Sulbar, pada kedalaman 10 km.

Kekuatan gempa (Magnitude) 4.9 Skala Richter pada koordinat episenter 2.15 LS dan 119.02 BT.

Menurut Fachri Radjab, ditinjau dari kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas sesar naik Selat Makassar.

"Gempa ini tidak berpotensi tsunami," kata A. Fachri Radjab.

Lebih lanjut Fachri menjelaskan, berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi dirasakan di Tampa Padang dan Malunda II- III SIG-BMKG (III-IV MMI). Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh banyak orang.

"Dari hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan telah terjadi 1 kali gempabumi susulan pada pukul 11:12:09 Wita dengan kekuatan M= 3.4 SR pada koordinat episenter 2.39 LS dan 118.90 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 71 km barat laut Majene, Sulbar, pada kedalaman 26 km, dan belum ada laporan kerusakan," jelasnya.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi tersebut, Fachri menghimbau masyarakat yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.* (Fatahillah Mansur)