MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Jumat, 21 April 2017

Lewat "Sentuh Hati Total", Danny Mendorong Integrasi Pendampingan Masyarakat


(Foto: Iskandar Burhan / SmartCityMakassar.com Online News®, 2017)


Smartcitymakassar.com. --Makassar- Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto membuat terobosan baru lewat program "Sentuh Hati Total". Menurut Danny, sebelumnya ada program kelurahan binaan. Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar kembali menggagas pola integrasi pendampingan kepada masyarakat atau disebutnya dengan Sentuh Hati Total.

Hal itu disampaikan saat memimpin rapat Monitoring dan Evaluasi (Monev) kinerja pemerintahan triwulan pertama bertempat di Ruang Sidang Perwali Sipakalebbi, Kantor Balaikota Makassar, Selasa (18/4/2017).

"Program Sentuh Hati Total ini demi menghidupkan kembali fungsi sosial kemasyarakatan pemerintah yang notabene-nya adalah pelayan masyarakat atau fungsi social control. Nantinya, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dituntut memberikan pendampingan kepada masing-masing wilayah rukun tetangga dan warga (RT/RW) di 153 kelurahan," jelasnya.

Danny berencana OPD miliki binaan; seperti, kepala dan sekretaris dinas atau badan mendampingi kelurahan, sementara bidang dan seksi dampingi RT/RW termasuk kepala sekolah.

Ditambahkannya, ketua RT/RW adalah ujung tombak penyelesaian masalah kemasyarakatan. Sehingga, diharapkan terjadi hubungan kerjasama yang baik antara pemerintah dan seluruh elemen masyarakat,

“Supaya ini RT dan RW tidak merasa sendiri, saya mau fungsikan jadi ujung tombak itu. RT/RW kita perkuat, koordinasi bersama lurah dan tentunya camat,” ucap Danny Pomanto.

Guna tindaklanjuti pola pendampingan tersebut, Danny mempercayakan kepada Kepala Inspektorat Makassar Zainal Ibrahim untuk melakukan pembagian tugas pendampingan seluruh OPD. Sementara untuk pelaksanaan program, dipercayakann kepada Kepala Bappeda Makassar, Iriani Ridwan.* (Iskandar Burhan)