MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Jumat, 24 November 2017

Wali Kota Danny Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Subulussalam al-Khoory Unismuh Makassar


(Foto: Bagian Humas Pemkot Makassar, 2017)

Smartcitymakassar.com. --Makassar- Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto melakukan peletakan baru pertama pembangunan Masjid Subulussalam al-Khoory Unismuh, Jumat (24/11/2017).

Pembangunan ini atas hibah dari Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) atau Yayasan Muslim Asia yang dipimpin oleh Presiden Direktur AMCF Syekh Dr (HC) Mohammad MT Khoory.

Masjid ini nantinya 3 lantai dengan kapasitas 3 ribu orang jamaah yang dapat shalat berjamaah. Sebelumnya, kapasitasnya hanya bisa menampung 500-an jamaah. Biaya pembangunannya kurang lebih sekitar Rp. 8 Milyar.

Danny menuturkan,  terbangunnya masjid ini merupakan tanda-tanda keislaman di Kota Makassar semakin tinggi.

"Inshaa Allah, berkah amal jariyah bagi keluarga Khoory. Ini menjadi kunci barokah kita, saya yakin selesai mesjid ini Unismuh makin berkibar bukan hanya di nasional tapi di kancah internasional juga," ucap Danny.

Kehadiran masjid ini, lanjutnya, dapat menjadi salah satu ikon Kota Makassar.

"Saat ini memang tak ada ikon Makassar di bagian selatan. Saya kira ini masjid ini nantinya bisa menjadi ikonnya," harap Danny.

Sementara itu, Rektor Unismuh Makassar Dr. H. Abdul Rahman Rahim mengatakan, selama pembangunan masjid hingga selesai, shalat berjamaah sementara dipindahkan di Aula Al-Amin.

Aula Al-Amin yang biasanya digunakan kegiatan civitas akademika untuk sementara ini ditutup dan digunakan hanya untuk tempat salat berjamaah. Aula Al- Amin ini bisa menampung hingga lima ratusan jamaah.

"Insya Allah pembangunan masjid besar Unismuh ini bisa berjalan lancar tanpa kendala, sehingga tahun depan sudah bisa dimanfaatkan," ungkapnya.

Ke depan, masjid ini akan dimanfaatkan secara penuh oleh seluruh civitas dan masyarakat sekitar Unismuh Makassar. Masjid ini rencananya akan diresmikan pada Milad ke-55 Unismuh, pada Juli 2018 mendatang.* (Iskandar Burhan)