MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Rabu, 25 Januari 2017

Nurdin Halid di Rakerda Dekopin Makassar 2017: "BULo Dapat Gerakkan Ekonomi Rakyat"

(Foto: Humas Pemerintah Kota Makassar, 2017)


Smartcitymakassar.com. --Makassar- Program BULo (Badan Usaha Lorong) yang digagas Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto mendapat dukungan dari Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Pusat H A M Nurdin Halid.

Dukungan itu disampaikan Nurdin Halid saat berbicara di Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dekopin Kota Makassar di DP Hall, (25/01 2017).

"Program BULo Wali Kota Makassar akan kita perkenalkan. BULo dapat menggerakkan ekonomi rakyat," kata Nurdin Halid.

Sementara itu, Wali Kota Danny menyebutkan, "BULo adalah skema koperasi. Negara kita mampu melewati krisis moneter di masa orde baru karena ditopang oleh koperasi".

Lebih lanjut Wali Kota Danny menuturkan bahwa sebagai gerakan koperasi, anggota BULo adalah masyarakat lorong. Program BULo merupakan kelanjutan dari program Longgar (Lorong Garden).

Masyarakat yang telah sukses mengubah wajah lorongnya menjadi Longgar akan menanam cabai vertikal di lorong-lorong. Bibit cabai berasal dari Dinas Ketahanan Pangan (DKP) dan Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian, dan Peternakan (DKP3) Masyarakat.

Hasil cabai BULo akan dibeli oleh Pemerintah Kota Makassar. 30% dari hasil penjualan tersebut akan ditabung dalam bentuk deposito pendidikan anak lorong sehingga anak-anak lorong di Makassar dapat mengenyam pendidikan hingga ke bangku perguruan tinggi.

Sementara bagian 40% akan dikembalikan kepada warga. Pemanfaatannya bisa untuk konsumsi rumah tangga atau untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Sisanya yang 30% akan digunakan untuk mengembangkan UKM (Usaha Kecil Menengah) lorong. UKM lorong ini diharapkan dapat bertumbuh pesat dan menciptakan peluang usaha bagi warga yang bermukim di lorong sehingga angka pengangguran dapat ditekan.* (Iskandar Burhan)