MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Senin, 14 Mei 2018

Di Bandung, Kadis Ismail Hajiali Beberkan Success Story Smart City Makassar



(Foto: Istimewa)

Smartcitymakassar.com. --Bandung- Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Makassar memaparkan sejumlah kesuksesan pelaksanaan program Makassar Sombere’ & Smart City, pada acara Workshop Smart City 2018, di Gedung Sate, Kota bandung, Jawa barat, Senin (14/05/2018).


Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pemerintah Propinsi Jawa Barat berkerja sama dengan sejumlah stakeholder telekomunikasi daerah tersebut.

Pada kesempatan ini, Kadis Kominfo Ismail Hajiali menguraikan perjalanan sejumlah program inovasi yang saat ini tengah berlangsung di Kota Makassar.

“Kita diundang propinsi Jawa Barat untuk menyampaikan cerita sukses Kota Makassar membangun Sombere and Smart City atau success story. Tentu saja ini sebuah kebanggaan. Namun kami lebih memaknainya sebagai upaya yang terus menerus membangun kolaborasi antar sesama stakeholders. Konektivitas sangat penting di era digital saat ini. Semua memiliki potensi yang berbeda-beda, dan tentu sangat penting dilakukan kolaborasi,” ujar Ismail Hajiali saat dikonfirmasi via WhatsApp.

Sejumlah inovasi pemkot Makassar yang tertuang dalam program Makassar Sombere’ & Smart City dipaparkan Ismail Hajiali secara runtut dalam acara ini diantaranya Makassar home care, layanan nomor tunggal panggilan darurat 112, cctv kota, passikola, smart lorong (longgar dan longset) serta inovasi lainnya. 

“Hampir seluruh kota-kota di dunia sedang berbenah meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan menggunakan sentuhan teknologi. Yang unik di Kota Makassar adalah pelibatan kearifan lokal yang akrab disebut sebagai sombere’,” lanjutnya.

Workshop ini mengusung tema "Membangun Infrastruktur Teknologi Informasi dan Telekomunikasi se-Jawa Barat Guna Terwujudnya Pembangunan Infrastruktur Smart City, Infrastruktur Fisik, Digital atau TIK dan Sosial (Smart City Readiness)".

Hadir dalam kegiatan ini diantaranya Direktur PT. Jasa Sarana, Hermawan, Rektor Perbanas Prof. Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo, Direktur JabarTel, Aliyas, serta Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Cimahi.** (Hamzah/Iskandar Burhan)