MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Sabtu, 07 November 2015

Waspadai Penyakit Ini di Musim Penghujan


Setiap awal musim penghujan, beberapa penyakit gampang merebak. Kondisi cuaca yang bersuhu dingin  membuat anak-anak lebih rentan terserang penyakit. Sebagaimana yang dikuti pada situs: parenting.co.id, Penyakit khas musim hujan yang perlu diwaspadai antara lain:

Demam dan Flu
Dua gangguan kesehatan ini paling rentan menyerang di musim penghujan. Gejala ini sebaiknya jangan disepelekan. Menjaga asupan makanan yang cukup akan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga penyakit tidak mudah menyerang.

Diare
Penyikit ini sangat berkaitan dengan pola konsumsi makanan. Sebab penyakit diare ini umumnya disebabkan kuman atau virus yang biasa mencemari makanan yang tidak higienis. Kebersihan makanan menjadi faktor penting mencegah penyakit ini

Demam Tifoid
Penyakit ini disebabkan bakteri Salmonella Typhi. Sumber penularan utama adalah air dan makanan yang terkontaminasi bakteri tersebut. Penyebaran bakteri ini terjadi karena aktivitas cuci tangan yang kurang bersih. Menjaga kebersihan makanan dan kebersihan tangan adalah cara mencegah penyakit ini.

Demam Berdarah Dengue (DBD)
Ancaman paling rawan dari awal musim penghujan adalah DBD. Demam berdarah dengue ini disebabkan virus yang berasal dari gigitan nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk ini menyerang sistem pembekuan darah yang menyebabkan turunya kadar trombosit dalam darah. Bila tidak tertangani secara cepat, dapat berakibat fatal pada penderita. Cara mencegahnya adalah menghindari perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti dengan cara 3 M (Menguras,Mengubur dan Menutup). Menguras bak mandi, mengubur kaleng bekas dan menutup penampungan air. * (Iskandar Burhan)