MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Minggu, 20 Desember 2015

Ekspresi Busana Wanita Muslim



smartcitymakassar.com -MAKASSAR- Busana wanita muslim berstyle modern saat ini telah menjadi pilihan gaya berbusana bagi kaum wanita diperkotaan, tak terkecuali di kota Makassar. Dengan kata lain, busana dengan ciri khas desain yang menutup seluruh tubuh (hijab) ini telah menjadi sebuah identitas dan gaya hidup dalam berbusana, terutama di perkotaan.  Seiring geliat industri fashion, busana muslimah juga semakin banyak menyajikan beraneka ragam desain dan corak model dengan tren perkembangan yang semakin dinamis.


Gerak pertumbuhan dan perkembangan kota memang menjadi bagian tak terpisahkan dari turut berkembangnya berbagai desain busana muslimah. Fenomena ini semakin lama  semakin menjadi ruang pengungkapan jatidiri dan identitas bagi wanita muslim di kota Makassar. Dengan begitu, guna memenuhi kebutuhan wanita muslim yang kian dinamis dan penuh dengan aktifitas, produk, desain serta model busana muslim ini semakin variatif. Selain pemilihan bahan yang menampikan kenyamanan dan berkualitas, desain modelnya pun terus mengalami perkembangan yang cepat. Modis, elegan dan anggun namun tanpa melepaskan nilai-nilai syar'I merupakan syarat yang menjadi acuan para perancang model busana muslimah ini agar mendapat tempat di hati pelanggannya dan pemakainya.

Beraneka gaun untuk pesta, busana bersantai hingga desain model untuk aktifitas kegiatan kerja dengan mudah kita temui di berbagai butik-butik serta pusat perbelanjaan di kota Makassar, dengan beragam pilihan desain muslimah yang sangat bervariasi. Di pusat perbelanjaan seperti Makassar Trade Centre (MTC), Karebosi link, Mall Panakukang Makassar, banyak menyediakan variasi model terbaru busana muslimah, sehingga sampai saat ini di pusat perbelanjaan tersebut masih menjadi pilihan utama warga  Makassar  untuk berbelanja busana. Perkembangan tren busana wanita muslim ini juga sangat didukung dengan kian maraknya toko online di dunia maya yang menawarkan cara berbelanja yang mudah bagi wanita yang tidak punya cukup waktu berkunjung ke pusat perbelanjaan.

Tren busana muslimah pun semakin cepat berganti dengan terus bermunculannya model baru yang selalu disambut antusias para wanita muslimah. Hal ini terlihat pada butik atau kios penjualan baju muslimah yang selalu ramai pengunjung, terlebih saat menjelang hari raya Lebaran. Agaknya busana muslimah ini memang telah menjadi pilihan busana yang menarik serta menjadi bagian yang turut mewarnai dinamika perkembangan fashion di Indonesia umumnya dan kota Makassar khususnya.

Untuk tahun ini tren busana muslimah di kalangan ibu ibu masih didominasi dengan gamis syar'I  modern dengan paduan khimar panjang berbahan satin, kaos, shifon atau katun beraneka motif, model dan gradasi cantik. Sedangkan di kalangan wanita muda dan remaja masih dominan dengan paduan celana panjang legging berpadu blus berbahan satin, shifon, kaos dan cardigan kaos panjang, jilbab pasminahlilit juga dengan corak dan motif warna-warni menarik dan modis.

Semarak trend busana muslimah dikalangan wanita muslim modern tak lagi sekedar tren tapi telah menjadi kebutuhan penting dan gaya hidup (lifestyle) yang akan terus bertumbuh seiring perkembangan zaman yang semakin dinamis, bergerak cepat namun tanpa mengurangi nilai tuntunan syar'inya sebagaimana tuntunan berbusana dalam agama* (Nila Munzir)