MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Rabu, 30 Desember 2015

Fokus Penataan Pembangunan 2016 di Makassar: Pedestrian, Pedagang Kaki Lima, Parkir dan Penghijauan



Smartcitymakassar.com. --Makassar- Ada 7 titik atau lokasi prioritas penataan tahun 2016 nanti. Menurut Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, beberapa diantara titik tersebut memiliki desain terbaik, namun beberapa diantaranya disesuaikan dengan pertimbangan daya tampung bagi seluruh pedagang kaki lima dengan penyesuaian anggaran Pemkot. Penataan ini, menurut Danny, harus memiliki manfaat tinggi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Fokus penataan di seluruh titik tersebut adalah pedestrian, pedagang kaki lima, parkir, dan penghijauan, dengan pertimbangan utama akan ketersediaan fasilitas umum seperti toilet, akses bagi usia lanjut dan warga yang memiliki disabilitas atau difabel. 

Titik-titik prioritas tersebut adalah Jalan Metro Tanjung Bunga, Jalan Penghibur, Jalan WR Supratman, ujung tol arah ke pelabuhan, Jalan Antang Raya, jalan tembus Hertasning-Aroepala, serta Jalan Nikel. Di wilayah Jalan WR Supratman akan dibangun pusat perparkiran (parking center) berlantai empat diperuntukkan bagi warga tujuan ke pulau, berolahraga, atau mengunjungi losari.

Di area Jalan Metro Tanjung Bunga, menurut Danny, akan dibangun pusat bagi sekitar 231pedagang kaki lima, beroperasi 24 jam, berlokasi di sekitar pelataran selatan mesjid Terapung, dengan kapasitas parkir sebanyak 200 kendaraan. Khusus bagi pedagang kaki lima yang menjual souvenir atau kerajinan tangan serta industri berbasis lorong binaan kecamatan di Makassar akan diberikan tempat di depan Pantai Losari.

Danny Pomanto memaparkan program rencana penataan pembangunan kota Makassar tahun 2016 dengan model 'on the road'; mengajak bersama jajaran SKPD Pemkot Makassar berkeliling kota dengan bus, memaparkan di atas bus lalu dilanjutkan di titik-titik lokasi penataan tersebut, Selasa (29/12).* (Iskandar Burhan)