MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Kamis, 10 Desember 2015

Jalin Sinergisitas dengan Media, Humas Pemkot Makassar Adakan Seminar



smartcitymakssar.com –MAKASSAR- Sebagai bagian dalam membangun kerjasama dengan media-massa, Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Sekretaris Daerah Kota Makassar, Kamis (10/12) mengadakan seminar dengan tajuk “Sinegitas Media dan Pemerintah dalam Menyonsong Sombere’ dan Smart City”.

Bertempat di hotel Grand Celino Makassar, acara ini menghadirkan pembicara dari kalangan akademisi, praktisi media serta Pemkot Makassar. Para pembicara antara lain, Dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Unhas A. M. Iqbal Sultan, Humas Universitas Hasanuddin (Unhas) Dahlan Abubakar, ketua Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulsel Djumadi Mappanganro serta pelaku bisnis Sultan Makkawaru.

Pada sambutan Wali Kota Makassar yang diwakili oleh Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan, A. Irwan Bangsawan menyampaikan bahwa media menempati posisi yang sangat strategis karena merupakan jembatan antara pemerintah dan masyarakat. Media juga mampu menjadi penggerak keterlibatan dan partisipasi warga dalam proses pembangunan.

“Pemerintah sangat menyadari bahwa tidak mungkin berjalan sendiri dalam mewujudkan kota yang Sombere’ dan Smart City, partisipasi serta pelibatan seluruh elemen masyarakat, baik akademisi, pelaku bisnis serta praktisi media menjadi sangat diperlukan”, tutur A. Irwan.

Ditempat yang sama, Kepala Bagian (Kabag) Humas Setda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra menyampaikan bahwa seminar yang diikuti sekitar 70 peserta dari kalangan SKPD Pemkot Makassar serta praktisi media ini bertujuan sebagai upaya membangun kesepahaman diantara pemerintah, pelaku bisnis serta para praktisi media tentang konsep Sombere’ dan Smart City yang menjadi program strategis Pemkot Makassar saat ini.

Lebih jauh dikatakan bahwa acara ini sebagai bagian dalam proses membangun kemitraan dan kepercayaan antara pemerintah dan praktisi media.Dijelaskan bahwa Sombere’ merupakan karakter khas Makassar yang ramah dan santun pada tamu dan orang asing. Sombere’ juga merupakan perwujudan dari sifat persaudaraan, persahabatan yang merupakan nilai kearifan lokal Makassar.


“Sedangkan Smart City merupakan program yang mengintegrasikan berbagai pelayanan pada masyarakat dengan berbasis elektronik dengan teknonologi informasi yang teraplikasi pada berbagai bidang seperti pelayanan kesehatan, e-office dan keamanan publik”, papar Firman Pagarra * (Iskandar Burhan)