MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Senin, 11 Desember 2017

Pemkot Makassar Peringati Hari Korban 40.000 Jiwa



(Foto: Istimewa)

Smartcitymakassar.com. --Makassar- Pemerintah Kota Makassar menggelar peringatan Hari Korban 40.000 Jiwa yang dilaksanakan setiap tahunnya pada tanggal 11 Desember dalam suatu upacara bendera di Monumen Korban 40.000 Jiwa, Kalukuang, Kecamatan Tallo, Senin (11/12/2017).

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto hadir mendampingi Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo. Kedua pimpinan daerah tersebut nampak dengan khikmat mengikuti prosesi upacara yang diselenggarakan.

Peringatan Hari Korban 40.000 Jiwa adalah untuk mengenang kejadian pembantaian terhadap masyarakat pada beberapa daerah di Sulawesi Selatan termasuk di Kota Makassar pada masa perjuangan kemerdekaan RI. Pembantaian ini diperkirakn telah merenggut puluhan ribu nyawa warga di Sulsel, akibat dari aksi kekejaman tentara KNIL di bawah kepemimpinan Raymond Paul Pierre Westerling.

Gubernur Syahrul Yasin Limpo, selaku Inspektur upacara mengatakan, peringatan Hari Korban 40.000 Jiwa ini adalah sebuah momen yang menghidupkan terus nilai kejuangan, patriotisme, nilai heroik dan nasionalisme di Sulawesi Selatan.

“Peringatan Hari Korban 40.000 Jiwa adalah momentum bahwa secara simbolik Sulawesi Selatan mempunyai peranan dan andil yang besar dalam proses kemerdekaan Republik Indonesia yang telah kita raih. Untuk itu, sebagai generasi penerus, mari kita hargai apa yang telah mereka korbankan,” urai Gubernur Syahrul.

Usai pelaksanaan upacara dilakukan penyerahan berupa bingkisan kepada veteran pejuang kemerdekaan.

Hadir pada peringatan ini, Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang, Forkopimda, pejabat lingkup Pemerintah Kota Makassar, diantaranya Wakil Walikota Makassar Syamsu Rizal, Plt Sekda Kota Makassar H. Baso Amiruddin, para Kepala Dinas, serta Camat se-Kota Makassar.* (Dayat/Iskandar Burhan)