MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Kamis, 21 Januari 2016

Memanfaatkan Momentum Penting Sensus Ekonomi 2016



Smartcitymakassar.com. --Makassar- Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Selatan, Nursam Salam, menyatakan optimismenya bahwa pelaksanaan Sensus Ekonomi 2016 akan berjalan sesuai waktunya dengah hasil yang prima. Optimisme tersebut disampaikan saat mengadakan pertemuan dengan Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, di Rumah Jabatan Wali Kota, Rabu (20/01/2016).

Nursam menambahkan pentingnya menangkap momentum Sensus 2016 ini. Sensus dilakukan bertepatan dimulainya MEA atau Masyarakat Ekonomi ASEAN. Bagi pemerintah dan mitra terkaitnya, hasil Sensus dapat menjadi basis mengetahui kelebihan serta kekurangan Kota Makassar dalam konstelasi MEA.

Bagi pengusaha, sensus adalah basis pemetaan gambaran ataupun potret kondisi ekonomi riil di Makassar. Sensus 2016 nantinya akan memberikan gambaran mengenai misalnya pemetaan potensi ekonomi, benchmarking PDB/PDRB, karakter usaha umum maupun yang unik, pemetaan daya saing bisnis, serta tinjauan prospek bisnis dan perencanaan investasi. Informasi ini nantinya menjadi bahan untuk pengembangan usaha, investasi dan kegiatan-kegiatan strategis ekonomi lainnya. 

Menurut penjelasan dari laman BPS, ada sekitar 19 kategori sektor usaha yang akan didata pada Sensus 2016.  Sensus 2016 akan dilaksanakan di bulan Mei 2016 serentak di seluruh Indonesia. Sensus Ekonomi dilaksanakan tiap 10 tahun.* (Iskandar Burhan)