MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Kamis, 21 Januari 2016

Pentingnya Sensus 2016 bagi Kota Makassar



Smartcitymakassar.com. --Makassar- Sensus Ekonomi 2016 bakal dilakukan serentak di Indonesia pada Mei 2016 nanti. Bagi Makassar, Sensus Ekonomi, yang diadakan tiap 10 tahun sekali, adalah bahan yang sangat penting. Misalnya bagaimana Makassar menetapkan perannya dalam percaturan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan bagaimana menggerakkan program Smart City.

Smartcity Magazine pernah mengulas bagaimana pentingnya mengetahui segala potensi terkait keunggulan dan tantangan yang dimiliki Kota Makassar ketika memasuki MEA. Sensus Ekonomi menjadi salah satu bahan penting untuk hal tersebut.

(Tinjau: MEA dan kesiapan Makassar, dan
(Tinjau: MEA sebagai ASEAN tanpa sekat)

Sebutlah misalnya, upaya Pemerintah Kota Makassar untuk menarik mitra berinvestasi di Makassar dalam membangun program strategis. Salah satu hasil sensus adalah memberikan tinjauan prospek bisnis dan perencanaan investasi.

Yang lebih penting, 'leading' program Smart City Pemkot Makassar adalah program yang berbasis data. Hasil sensus nantinya merupakan input signifikan bagi basis data Smart City yang nantinya keputusan-keputusan strategis dapat dilakukan.* (Iskandar Burhan)