MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Jumat, 01 Januari 2016

PAUD AIKO Makassar: Pengenalan Dini Pada Profesi



smartcitymakassar.com -MAKASSAR- Dibentuk dengan basis idealisme yang kuat, Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) AIKO Makassar hadir dengan perspektif pendidikan yang agak unik. Salah satunya adalah bagaimana secara dini mengenalkan anak didik pada beragam profesi yang ada pada masyarakat lingkungannya.

Ruang bermain itu nampak apik. Riuh anak-anak telihat lepas bebas mengekspresikan dirinya. Sesekali terdengar percakapan di antara mereka yang berlangsung sangat menarik karena dilakukan dalam bahasa Inggris. Memang, metode pengajaran yang digelar oleh PAUD AIKO Makassar ini terbilang sedikit unik. Pengajaran dan pengenalan terhadap bahasa Inggris pada anak didik tidak dilakukan di dalam kelas, namun berlangsung di tempat bermain.

 Menurut Harmiah, Head Student AIKO Makassar, model pengajaran seperti ini memang pas untuk anak usia dini. Belajar sambil bermain serta menanamkan basis pengenalan langsung pada praktek menjadikan anak didik merasa tidak terbebani. “Kami menghindari pengajaran yang berorientasi pada tugas”, ucap Harmiah. Maka tidak mengherankan bila di sela-sela riuh rendah anak-anak bermain, percakapan dalam bahasa Inggris kerap terdengar.

Berlokasi di Jalan Sunu Kompleks Unhas Blok IX No.3 Makassar, PAUD AIKO Makassar mulai berdiri sejak tahun 2010 lalu. Menurut Ketua Yayasan PAUD AIKO Makassar, Dewi Arni, SE, visi-misi yang diemban lembaga pendidikannya adalah menjadikan lembaga pendidikan yang mampu mengembangkan dan menghasilkan generasi berakhlak, cerdas, berkualitas dan berdisiplin. Semua itu diharapkan bisa berujung pada sikap anak didik yang berkarakter kerja keras, kerja cerdas, kerja tulus dan kerja ikhlas.

Dalam konteks implementasi visi-misi itulah lembaga PAUD AIKO Makassar terlihat menonjol di antara berbagai lembaga pendidikan pada level usia dini yang ada di Kota Makassar. Penekanan yang kuat terhadap pengenalan dini ‘dunia profesi’, menjadikan metode pengajaran di PAUD AIKO Makassar  memiliki keunggulan tersendiri.

Maka di setiap hari Selasa, anak didik datang ke sekolah dengan mengenakan busana berbagai profesi. Ada yang datang dengan busana seragam dokter, tentara, polisi, perawat dan lain-lain. Menurut Harmiah, kedatangan anak didik dengan busana seragam profesi ini tidak hanya berhenti pada sekedar cara berpakaian semata, namun lebih dari itu, busana seragam profesi ini dijadikan bagian dari pengenalan dini terhadap berbagai profesi tersebut secara lebih mendalam.  Di sana, anak didik dikenalkan tentang apa yang menjadi tanggungjawab serta tugas yang diemban oleh setiap profesi tersebut.

Serupa dengan lembaga pendidikan usia dini yang lain, inti dari setiap pengajaran di PAUD AIKO Makassar adalah pembentukan karekter anak-didik menjadi pilar utama dari setiap metode pengajaran yang dilakukan. Namun yang menjadi keunggulan dari PAUD AIKO Makassar  ini adalah bagaimana menjadikan anak didik secara bebas mampu berkreasi tanpa ada perasaan takut disalahkan. Di samping itu, metode pengajaran yang diterapkan juga didesain agar keterikatan emosional antara anak didik-guru-orang tua terjalin baik. Maka di setiap hari Jumat, karya dan kreasi yang anak didik dibawa pulang untuk diperlihatkan pada orang tua masing-masing.


Tidak berhenti di situ saja, menurut Ketua Yayasan PAUD AIKO Makassar , Dewi Arni, SE, ke depan lembaga pendidikan ini akan membuka ruang konseling. “Disinilah nanti guru, orang tua dan anak didik diajak untuk mampu mengenal serta mengetahui lebih mendalam tentang minat dan keinginan (cita-cita) anak didik”, ujar Dewi Arni. Hal ini dilakukan karena selama ini, masih banyak diantara anak didik yang tidak tahu apa yang menjadi minat dan cita-citanya. Dengan adanya ruang konseling ini,  kehadiran PAUD AIKO Makassar memang layak diacungi jempol.* (Iskandar Burhan)