MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Jumat, 01 Januari 2016

RM Malabar Racing Centre: Menjaga Kualitas Cita Rasa



smartcitymakassar.com -MAKASSAR- Di Jalan Racing Centre Makassar, Rumah Makan Makan Malabar memang telah menjadi salah satu pilihan bagi penikmat kuliner, terutama penikmat makanan khas negeri India. Menu spesial yang ditawarkan menjadikan RM. Malabar Racing Centre tercatat sebagai rumah makan ‘papan atas’ di kota Makassar.

Berdiri sejak tahun 1946 lalu, kehadiran Rumah Makan Malabar telah mewarnai keragaman kuliner di kota berjuluk ‘kota Daeng’ ini. Dikelola secara turun-temurun menjadikan kualitas makanan yang menjadi andalan rumah makan ini tetap terjaga. Sampai saat ini, RM. Malabar dikelola oleh generasi ke tiga dari C. Musa Malabar, pendiri RM. Malabar.

Menurut Dachir Ahmad Musa, owner Rumah Makan Malabar Racing Centre, salah satu yang menjadikan rumah makan ini tetap bertumbuh karena cita rasa yang terjaga dengan baik. Hal ini yang menyebabkan mengapa RM.Malabar Racing Centre tetap menjadi rujukan utama warga kota maupun wisatawan yang ingin menikmati sensasi citarasa kuliner yang bernuansa negeri ‘Mahabarata’ ini.

Menu utama yang disajikan RM. Malabar Racing Centre adalah Roti Canai, Martabak dengan campuran Karee, baik Karee Kambing maupun Ayam sebagai penambah selera yang cukup sensasional. Roti Canai terbuat dari bahan adonan tepung terigu dicampur air dengan proses pembuatan yang agak mirip pembuatan Martabak lokal. Adonan tepung dibanting lalu dipipihkan  sebelum dipanggang  di atas wajan khusus dengan olesan mentega. Proses membanting adonan ini dilakukan untuk mendapatkan kepadatan bahan serta bentuk pipih  sehingga olesan mentega dapat merata pada seluruh lapisan roti saat dipanggang.

Cita rasa yang tetap terjaga sejak rumah makan ini didirikan menjadikan aroma Roti Canai saat dipanggang demikian khas dan membangkitkan selera. Tekstur yang padat dan tebal dari Roti Canai ini akan semakin nikmat ketika ditemani oleh Karee Kambing atau Karee Ayam. Kuah yang kental dengan aroma rempah yang khas menjadi bagian yang paling ‘menggoyangkan lidah’ dari menu ini. Memang menu Karee ini merupakan salah satu menu varian tambahan yang saat ini juga menjadi menu khas RM. Malabar Racing Centre.

Roti Canai yang menjadi manakan pokok di daerah asalnya, yakni negeri India, biasanya disantap dengan Daca’ yaitu sayur Kacang Ijo atau Karee dengan sambel Kecap, Cabe Merah dan Jeruk Nipis yang diracik sesuai dengan selera penyantapnya. Di samping menyediakan menu Roti Canai bersama Keree, di rumah makan ini juga tersedia menu khas lain seperti Sate Kambing maupun Sate Ayam dan berbagai jenis Sup.


Dikelola dengan nuansa kekeluargaan yang khas dan kental, RM. Malabar Racing Centre tidak pernah kehilangan peminat dan penikmat dari masa ke masa sejak rumah makan ini didirikan. Dachrir Achmad Musa dan istrinya, Hadijah yang saat ini mengelola RM. Malabar Racing Centre memang telah mempersiapkan anaknya, Helmy Dachrir sebagai penerus rumah makan ini dari generasi ke-4. Satu hal yang paling dijaga dalam mengelola RM. Malabar Racing Centre adalah pilihan bahan yang sangat selektif serta resep masakan dengan mutu kualitas yang tinggi. Dengan demikian, tidak mengherankan bila Dachrir Achmad Musa dan anaknya Helmy Dachrir secara langsung ikut dalam memilih bahan, mengolah, memasak dan menyajikannya. Inilah yang membuat RM. Malabar Racing Centre memang layak menjadapat rujukan dan pilihan bagi para penikmat kuliner, baik di Kota Makassar maupun daerah luar Makassar.* (Thoha Pacong)