MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Minggu, 17 April 2016

GrafoMap: Kenang Tempat Favorit dengan Poster Peta Berseni




Smartcitymakassar.com. --Makassar- Dengan menggunakan tema 'map poster' atau poster peta, perusahaan berbasis di Latvia, GrafoMap, menawarkan layanan untuk dapat mengenang tempat-tempat favorit beserta memori yang terjadi, dengan mendesain sendiri poster tempat-tempat tersebut, atau peta, dari pilihan yang diberikan.

Untuk membuat poster peta ini cukup sederhana dan hasilnya berseni. Hal inilah yang menurut Eillie Anzilotti dalam tulisannya di CityLab, "Turn a Map of Your Hometown into Sleek, Graphic Wall Art", membuat produk ini brilian sekaligus sederhana.

Sederhana, karena dibutuhkan hanya empat (4) tahap. Pertama, penentuan lokasi, beserta judul, sub-judul dan tagline yang diinginkan. Setelah lokasi ditemukan, peta bisa dilakukan perbesaran 'zoom in', ataupun pengecilan 'zoom out', ataupun menggeser ('pan').

Lalu, ke tahap 'Style'. Di tahap inilah diberikan empat pilihan 'style' atau desain peta yang disukai. Setelah memilih salah satunya, dilanjutkan ke 'layout', tahap ketiga. Dengan mencoba beberapa pilihan, sesuai kesukaan, tampak nilai brilian produk ini terbuktikan.

Di tahap ini, walaupun diberikan keterangan 'a little bit of technical stuff'' diperlukan sedikit tahap teknis, tetap saja sederhana dan tidak berkesan 'technical'. Pengguna diberikan pilihan orientasi petanya, apakah 'landscape' atau 'portrait' yang diikuti segera harga per lembar dan ukuran poster.

SmartCity Magazine mencoba hingga ke tahap tiga (3) atau 'layout' ini dan mendapatkan harga desain sebesar US$ 49.0 dengan poster ukuran 18 x 24 inci. Sementara langkah terakhir, adalah pembayaran 'payment' yang dapat dilakukan via 'PayPal' ataupun kartu kredit.

Usaha inovatif yang baru saja berjalan sekitar tiga bulan lalu ini, seperti ditulis oleh Eillie Anzilotti, terinspirasi oleh satu satu 'plugin' di 'Wordpress', yakni 'Snazzy Maps' yang menampilkan peta lokasi di bagian 'Contact Us' dari blog. Dan Co-founder GrafoMap, Rihards Piks, yang terpesona dengan 'plugin' tersebut, butuh sekitar 10 bulan bersama co-founder lainnya untuk menjadikannya sebuah usaha poster peta.* (Riad Mustafa) (Sumber: Eillie Anzilotti, CityLab / GrafoMap Website)