MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Jumat, 22 April 2016

Penyebaran Inovasi dan Perubahan Sosial yang Mengikutinya




Smartcitymakassar.com. --Makassar- Tersebarnya ide-ide baru dapat menimbulkan masalah menyangkut perubahan-perubahan sosial. Menurut Roger dan Shoemaker, inti dari perubahan sosial adalah komunikasi. Dalam buku yang berjudul asli "Communication of Innovations" dan ditulis oleh Everett M. Rogers dan F. Floyd Shoemaker ini, masalah sosial didekati dengan menggunakan tinjauan komunikasi dan psikologi sosial.

Buku ini membahas mengenai unsur-unsur penyebaran inovasi, bagaimana peran dari agen pembaharu serta tokoh masyarakat dalam proses penyebaran tersebut. Juga diuraikan bagaimana proses inovasi masuk ke dalam suatu sistem sosial beserta faktor apa saja yang memberikan pengaruh kecepatan diterimanya inovasi ini oleh anggota sistem sosial tersebut.

Masalah akibat-akibat yang ditimbulkan dengan dengan dilakukannya komunikasi terhadap suatu inovasi  ke dalam suatu masyarakat. Untuk membahas sejumlah akibat tersebut diuraikan model untuk mengkaji konsekuensi dari inovasi. Tanggung jawab yang diemban oleh agen pembaharu terhadap konsekuensi inovasi serta serta peran elit penguasa dalam suatu sistem sosial terhadap konsekuensi tersebut adalah penutup dari buku ini.* (Riad Mustafa)




Judul: Memasyarakatkan Ide-Ide Baru (Judul Asli: Communication of Innovation / Pengarang: Everett M. Rogers & F. Floyd Shoemaker )
Disarikan: Abdillah Hanafi
Penerbit: Usaha Nasional
Tahun: 1981
Kota: Surabaya
Halaman: 260 Halaman