MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Senin, 10 Oktober 2016

Ribuan Kader Bank Sampah Ikuti Jambore Wisata 2016

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di lokasi Jambore (Foto: Humas Kominfo Makassar)

smartcitymakassar.com - Antusias kader dan penggerak bank sampah dalam ajang Jambore Wisata Bank Sampah 2016 di Pulau Lakkang ternyata cukup besar.

Setidaknya ini terlihat pada Sabtu, 8 Oktober 2016 di lokasi acara, saat Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto bertandang ke Lakkang.

Saat berada di tengah - tengah peserta jambore, Wali Kota Danny Pomanto menyemangati peserta yang hadir. "Isu lingkungan hidup menjadi fokus perhatian dunia saat ini. Berbagai upaya dilakukan negara - negara maju untuk mendorong pembangunan yang berwawasan lingkungan," ujar Danny.

Ia menyampaikan, keberadaan seribuan peserta di bumi perkemahan Lakkang sebagai upaya untuk menyelamatkan bumi dari ancaman polusi yang bersumber dari sampah.

Pengelolaan sampah melalui bank sampah diyakininya mampu mereduksi jumlah sampah yang ada, jika pengetahuan sistem manajemen sampah seperti pemilahan sampah, dan 3R (reduce, recycle, dan reuse) dapat ditularkan ke masyarakat maka persoalan sampah dapat segera diatasi.

Indra, ketua panitia Jambore menyatakan panitia telah mempersiapkan lokasi acara untuk menyambut delegasi dari Bank Sampah baik yang ada di Makassar ataupun dari kota lain.

Persiapan kepesertaan telah disampaikan ke seluruh peserta dari 177 bank sampah baik dari makassar maupun dari luar kota Makassar.
Lanjut dikatakannya, panitia menyiapkan Homestay bagi peserta yang tidak membawa tenda kemah dan peserta dari daerah lain.

Sementara makanan akan disediakan melalui food bazar. "Panitia fokus pada pemetaan lokasi jambore hingga pembenahan dermaga dan lingkungan Lakkang untuk memberikan yang terbaik bagi peserta jambore yang diperkirakan hadir sekitar 1000 orang," ujarnya.

Jambore Wisata Bank Sampah 2016 berlangsung selama tiga hari (7 sampai 9 Oktober 2016). Jumlah kontingen yang sudah hadir sebanyak 163.

Mereka berasal dari 14 kecamatan kota Makassar, 5 bank sampah sekolah dan dari kabupaten Sinjai, Enrekang, Polman Sulawesi Barat, dan ada juga bank sampah dari kantor P3E Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.(ade ismar gobel/yushar mustafa)