MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Jumat, 21 Oktober 2016

Sosialisasi Kepramukaan bagi Kepala Sekolah SD dan SMP di Kota Makassar

(Foto: Dayat, Humas Pemerintah Kota Makassar, 2016)

Smartcitymakassar.com. --Makassar- Untuk membentuk karakter anak didik pada setiap jenjang pendidikan di sekolah-sekolah serta menjamin masa depan sebagai generasi penerus bangsa, Pramuka merupakan salah satu sarana dan wadah dalam mewujudkan pembentukan karakter anak bangsa kita.

Hal ini dikemukakan Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Makassar Ibrahim Saleh, mewakili Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Pramuka kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto, saat membuka dan memberikan sambutan pada kegiatan Sosialisasi Kepramukaan bagi para Kepala Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sekota Makassar, di Baruga Angin Mamiri Rujab Wali Kota. Kamis (20/10/16).

Ibrahim Saleh juga menegaskan didalam 18 jalur perintah harian Wali Kota Makassar sudah terkandung didalamnya  unsur  pembentukan karakter dan kepribadian bagi setiap anak didik.

"Aturan penerapan 'full day school' dari pemerintah pusat sejalan dengan 18 jalur perintah harian Wali Kota yang menekankan kegiatan bersifat 'outdoor' yang secara interaktif mengajarkan mereka untuk mempunyai skill, dan bisa berinteraksi antara sesama maupun masyarakat di lingkungannya," paparnya.

Menurutnya, untuk menghasilkan anak didik yang berkarakter dan mempunyai keterampilan dibutuhkan bimbingan serta arahan bagi anggotanya.

"Untuk itulah diadakan pelatihan ini yang tujuannya agar setiap pembimbing maupun instrukturnya di tiap kwartir ranting (Kwarran) mampu membentuk karakter dan menyamakan persepsi dalam satu kesatuan keanggotaan kepramukaaan," pungkasnya.* (Ade I. G. / M. Yushar M.)