MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Senin, 24 Oktober 2016

Wali Kota Danny Awali Gerakan Penghijauan di Area TPA Tamangapa

(Foto: Humas Pemerintah Kota Makassar, 2016)

Smartcitymakassar.com. --Makassar- Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto, memimpin penanaman 3.000 pohon di TPA Tamangapa, Senin (24/10/2016). Kegiatan yang dilakukan bersama jajaran Pemerintah Kota Makassar dan warga secara simbolis mengawali gerakan penghijauan di areal TPA Tamangapa.

Ada sebanyak 1.000 pohon trembesi, mahoni, dan ketapang ditanam di sepanjang jalan masuk menuju areal TPA Tamangapa ditambah 2.000 pohon stek batang Sambung Nyawa yang akrab dikenal dengan kayu Tamalate.

Kegiatan Penghijauan ini dilakukan oleh pemerintah kota Makassar bersama warga bertujuan untuk membangun sinergitas antara pemerintah dan warga di bidang lingkungan hidup serta mengenalkan TPA ke warga.

Tujuan lainnya untuk meminimalisir pengaruh bau dari gas metan yang dilepaskan sampah TPA ke udara dan mengurangi lalat sebagai sumber penyakit. Penghijauan di TPA Tamangapa juga dapat meningkatkan persentase luasan RTH di Makassar.

"Penanaman 1.001 pohon adalah gerakan gotong-royong antara pemerintah dan masyarakat. Gerakan ini juga berkorelasi dengan gerakan Makassarta Tidak Rantasa," kata Wali Kota Danny.

Ada 14 titik tanam yang menjadi lokasi penghijauan. Jumlah itu menyesuaikan dengan jumlah kecamatan yang ada di Makassar. Penanaman 3.000 pohon juga dilakukan secara bergelombang.

"Selain 3.000 pohon yang akan ditanam. Hari ini kita juga menanam 100 tanaman markisa dari DKP3," ujar Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian, dan Peternakan Makassar, Rahman Bando.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Makassar, Abdul Gani Sirman, menyampaikan kegiatan penanaman 3.000 pohon di TPA Tamangapa juga ditujukan untuk menyukseskan target pemerintah kota meraih Adipura Kirana tahun ini. "Pemerintah bersama masyarakat bersatu mewujudkan capaian Adipura Paripurna tahun ini," sebut Gani Sirman.* (Iskandar Burhan)