MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Jumat, 13 Januari 2017

Disdag Makassar Akan Berdayakan UKM Lorong dalam Pengembangan Kerajinan Kulit

(Foto: Humas Dinas Perdagangan Kota Makassar, 2017)


Smartcitymakassar.com. --Makassar- Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto didampingi oleh Ketua TP PKK Indira Jusuf Ismail mengunjungi UPTD Kulit di Tamangapa, Jumat, (13/01/2017). Di sana, Wali Kota Danny dan Indira menyaksikan proses pemipihan kulit sapi menggunakan mesin.

"Potensi kerajinan kulit bisa dikembangkan di Makassar karena kita memiliki bahan baku yang cukup untuk diolah," kata Wali Kota Danny.

Sejak 2015 lalu, UPTD Kulit telah beroperasi dan menghasilkan kulit sapi yang siap diolah menjadi kerajinan berbahan dasar kulit seperti tas, dompet, ikat pinggang, sepatu, jok mobil, dan furniture.

Proses pengolahan selembar kulit sapi membutuhkan waktu selama dua minggu yang diawali dengan proses pembersihan, pemipihan, penjemuran, pewarnaan hingga pengepakan. Keseluruhan pengerjaannya dilakukan oleh tenaga kerja lokal yang terlatih.

Bahan baku yang diolah UPTD Kulit bersumber dari kulit Sapi yang disembelih di RPH (Rumah Potong Hewan) milik Pemerintah kota Makassar.

Selama dua minggu, UPTD Kulit Makassar mampu menghasilkan 1 Ton kulit Sapi siap olah yang setara dengan 70 lembar kulit. Sekali berproduksi, bahan yang diolah minimal 500 kg.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan akan menjadi leading sektor pengembangan kerajinan kulit di Makassar dengan memberdayakan UKM di lorong-lorong yang selama ini menjadi binaannya.

Turut hadir dalam kunjungan ke UPTD Kulit di Tamangapa, antara lain Kadis Perdagangan Andi Muh Yasir dan  Camat Manggala Ansar Umar.*  (Iskandar Burhan)