MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Selasa, 07 Maret 2017

Wali Kota Danny: Untuk Capai Kemajuan, Kota Butuh Sistem Akumulasi



(Foto: Kantor Bagian Humas Pemerintah Kota Makassar, 2017)

Smartcitymakassar.com. --Makassar- Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto menekankan bahwa kota membutuhkan akumulasi untuk mencapai kemajuan.


Hal tersebut disampaikannya saat berbicara di hadapan para peserta Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Makassar Tahun 2018.

Akumulasi dimaknai Danny sebagai kemampuan setiap elemen dalam pemerintahannya saling menyokong dengan kemampuan kompetisi yang dimiliki. Sistemnya dibuat berjenjang yang diawali dari integrasi, koordinasi, dan berujung pada akumulasi.

"Sistem terakumulasi harus dirancang sejak awal," kata Wali Kota Makassar. Budaya Sipakatau, Sipakalebbi, dan Sipakainga yang identik dengan Makassar menjadi dasar bagi Pemerintah kota (Pemkot) Makassar dalam membangun sistem terakumulasi.

Keberhasilan Pemkot Makassar menggelar Pilkara (Pemilihan Langsung Ketua RT/RW) pada Minggu, 26 Februari 2017 lalu menjadi modal lain yang memperkuat Pemkot Makassar untuk menerapkan sistem terakumulasi.

Sementara itu, Direktur Evaluasi dan Pengendalian Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pembangunan Daerah (Bangda) Kementerian Dalam Negeri RI Muhammad Hudori menilai Musrembang bermakna penting bagi Pemkot Makassar karena mempertemukan seluruh pemangku kepentingan.* (Ade Ismar Gobel / Iskandar Burhan)