MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Selasa, 22 Maret 2016

Aplikasi COOLTURA: Temukan Cara Baru Menikmati Budaya yang Menarik dan Interaktif

Aplikasi dan Platform COOLTURA untuk partisipasi luas masyarakat dalam kegiatan dan pengalaman budaya.
Sumber Foto: Cooltura, Youtube)

Smartcitymakassar.com. --Makassar- Sebuah aplikasi yang dirancang untuk perangkat 'mobile' ataupun 'smartphone' dari proyek TAG CLOUD yang didanai oleh Uni-Eropa menawarkan akses informasi warisan budaya atau konten budaya. Namanya, COOLTURA, sebuah aplikasi sekaligus platform, yang sudah tersedia bagi 'smartphone' dan 'tablet' ataupun perangkat yang dapat dipakai (seperti Apple Watch).

Aplikasi dan platform COOLTURA dapat mentransformasi objek dan aset budaya digital menjadi metode, proses atau pendekatan strategis sehingga memungkinkan para pengunjung objek atau situs budaya menemukan budaya lewat cara baru menggunakan media sosial, permainan (gaming), penceritaan (storytelling), dan personalisasi.

Konsep dari aplikasi, yang bermotto "Discover a new way to enjoy culture", ini adalah bahwa tampilan, sifat ataupun kemampuan perangkat 'mobile' seperti geo-lokasi dan interaksi 'real-time' dapat digunakan untuk menyediakan informasi atau konten warisan budaya secara interaktif, terkini, dan dapat diatur (personalised).

Menurut Dr. Maria Fernanda Cabrera-Umpierrez, Koordinator Proyek ini, penggunaan 'cloud', metafora untuk 'internet', memungkinkan aplikasi ini memberikan pengalaman budaya adaptif sesuai ketertarikan, kesukaan, dan perilaku pengguna. "Pengunjung mendapatkan keuntungan dari pengalaman budaya berdasarkan minatnya (personalised), dan menikmati kunjungan budaya yang lebih interaktif," jelas Cabrera-Umpierrez.

Bukan hanya keuntungan didapatkan dari pengguna, tapi "inovasi ini juga akan membantu institusi budaya mampu menarik minat pengunjung, serta dengan mendapatkan pengetahuan yang lebih baik terhadap pilihan para pengunjung maka institusi ini dapat terbantu dalam hal meningkatkan serta adaptasi lebih baik dari layanan-layanan (exhibitions) yang mereka tawarkan," urai lebih lanjut Cabrera-Umpierrez yang berasal dari Technical University of Madrid, Spanyol.

Sebenarnya, tujuan inti dari proyek TAG CLOUD ini adalah untuk meningkatkan partisipasi aktif masyarakat luas dalam sejumlah kegiatan dan pengalaman budaya. Partisipasi ini dilakukan dengan jalan mengundang masyarakat luas memberikan sumbangan lewat konten dan pendapat baru, serta saling membagikan informasi sebelum, selagi, dan sesudah melakukan satu kunjungan budaya.


Sementara ini COOLTURA telah berhasil digunakan di tiga tempat; di Kompleks Monumen Alhambra dan Generalife di Spanyol; di Barber Institute of Fine Arts di Inggris; dan di Kota Sør Trøndelag di Norwegia. Team dari TAG CLOUD berharap konsep ini akan digunakan di banyak tempat lain untuk menjangkau pengguna dan institusi yang lebih luas. Aplikasi 'mobile' dapat menjadi aset utama baik bagi pengunjung, museum ataupun situs budaya.* (Riad Mustafa / Sumber: TAG CLOUD Project, EC-Cordis, 2016)