MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Jumat, 21 April 2017

Apeksi Wilayah VI Rencana Bukukan Pengalaman Makassar Benahi Lorongnya



(Foto: Iskandar Burhan / SmartCityMakassar.com Online News®, 2017)


Smartcitymakassar.com. --Makassar- Rombongan Asosiasi Pemerintah Kota (Apeksi) Wilayah VI bertandang ke Lorong Garden (Longgar) Kelurahan Mandala Kecamatan Mamajang, pada Kamis (20/4/2017). Rombongan didampingi oleh Camat Mamajang Fadly Wellang dan lurah Mandala Emil Yudiyanto.

Manajer Apeksi Abdul Talib Mustafa mengungkapkan, keberhasilan Makassar membangun lorong dengan berbagai macam sentuhan telah diketahuinya lewat media elektronik dan cetak. Inilah yang membawa rombongan guna melihat langsung.

Pada kunjungannya di Longgar  Mandala, Abdul Talib secara faktual melihat bagaimana longgar dikerjakan secara bersama antara Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bersama pemerintah kecamatan, kelurahan dan masyarakat.

"Saya pikir, ini hal yang luar biasa dan berbuat sama-sama karena mereka merasakan ada manfaatnya untuk membenahi lorong," kata Abdul Talib. Disebutkannya, di beberapa tempat ada lorong dengan tanaman produktif yang memberi dampak ekonomis.

Dia menambahkan, pengalaman bagaimana pemerintah dan masyarakat yang sama-sama bekerja membangun Longgar adalah hal yang sebaiknya dapat dikembangkan di kota-kota lain. Menurutnya, kota-kota antara lain seperti Ambon, Manado, dan Kendari sama-sama miliki lorong sebagai masalah kehidupan masyarakat.

Abdul Talib dan rombongannya pun berjanji, akan menyebarluaskan informasi dalam bentuk buku dengan dua bahasa, Indonesia dan Inggris, tentang pengalaman terbaik Kota Makassar membenahi lorongnya.

Sehingga, harapnya, pengalaman ini dapat menjadi contoh untuk dikembangkan di kota-kota lain, tidak hanya di lingkup wilayah Apeksi VI tapi juga nasional.* (Iskandar Burhan)