MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Rabu, 30 Mei 2018

Pj Sekda Kota Makassar: Pengarsipan di Lingkup SKPD Harus Profesional


(Foto: Istimewa)

Smartcitymakassar.com. --Makassar- Dinas Kearsipan Kota Makassar menggelar Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Aset Daerah Lingkup Pemkot Makassar Tahun 2018 yang dilangsungkan di Hotel Alden, Jalan Lasinran,. Rabu (30/05/2018).

Pj. Sekda Kota Makassar, A. Muh. Yasir, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Bimtek kearsipan memiliki peran yang penting dan strategis bagi penyelenggaraan pemerintahan.
Khususnya, dalam mengarsipkan berkas-berkas penting.

"Sebagai arsip daerah dan bukti sejarah yang harus didukung pengarsipannya secara profesional oleh semua pihak khususnya di lingkup SKPD Pemeritah Kota Makassar," ucapnya.

Sementara, Sekretaris Dinas Kearsipan Kota Makassar, Tajuddin, mengatakan bahwa bimtek ini difokuskan untuk penataan dan pengelolaan arsip yang memuat administrasi aset daerah.

"Pengelolaan dan penataan kearsipan aset daerah yang keliru dapat menimbulkan persoalan di kemudian hari. Jika dokumen pengarsipan suatu aset tidak dikelola dengan baik maka aset daerah dapat disalahgunakan oknum yang tidak bertanggungjawab," ungkap Tajuddin.

Selain itu, sambungnya, terlepas dari persoalan pengarsipan aset daerah, arsip harus dilestarikan sebagai bukti kinerja pelayanan masyarakat sekaligus bukti sejarah.

Bimtek ini dihadiri seratus orang peserta yang perwakilan dari tiap SKPD lingkup Pemkot Makassar.  Sebagai narasumber dari bimtek ini adalah Irwan dan Irzal Natsir dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel.* (Iskandar Burhan)