MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Sabtu, 05 Desember 2015

Ini Cara Menggugah Kreatifitas Anak



smartcitymakassar.com –MAKASSAR- Banyak orang tua kadang keliru menilai fenomena perkembangan prilaku anak. Prilaku aktif dan cenderung sukar diatur pada anak dianggap tidak baik dan anak mendapat sebutan sebagai anak nakal. Padahal, dari prilaku itulah seorang anak menampakkan sisi kreatifitasnya.

Hal ini dikatakan oleh Prof.E. Paul Torrance, seorang pengajar ilmu pendidikan pada Universitas Minnesota, Amerika. Menurutnya, peranan orang tua dan guru sangat penting dalam menemukan cara bagaimana meningkatkan kreatifitas anak.

Pada usia sekitar 3 tahun, kreatifitas anak mulai meningkat dan mencapai puncaknya diumur 4 tahun. Selanjutnya akan perlahan menurun diusia 5 tahun ketika anak memasuki sekolah. Menurut professor pendidikan ini, penurunan ini umumnya disebabkan banyaknya tekanan dan aturan baik dari guru maupun  lingkungan yang mengharuskan anak menyesuaikan diri.

Dengan fenomena ini, maka orang tua dan guru sangat perlu mengetahui bagaimana cara agar mampu memelihara dan meningkatkan data kreatifitas buah hatinya.Menurut Reynold Beand, ada beberapa hal yang bisa dilakukan para orang tua dan guru, antara lain memberi kesempatan pada anak untuk bebas mengungkapkan perasaan, keinginan dan gagasannya tanpa mencela atau membuatnya malu.


Lingkungan sekolah dan rumah juga sangat penting dalam membangun sisi kreatifitas anak. Suasana yang memberi kebebasan mengekspresikan diri serta mendekatkan anak dengan gairah mengeksplorasi sesuatu juga tak bisa diabaikan. Dan yang laing penting adalah membiarkan anak bermain dan bergembira, karena sejatinya bermain itulah wujud kreatifitas seorang anak.” Pada saat bermain anak akan merasa gembira dan pada saat itulah kreatifitas akan mengalir deras”, tulis Reynold seperti yang dikutip pada situs id.theaseanparent.com. *(Iskandar Burhan)