MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Kamis, 31 Desember 2015

Wali Kota Danny "Passili" Damkar Baru Pemkot Makassar



smartcitymakassar.com –MAKASSAR- Wali kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto resmi meluncurkan 29 unit truk pemadam kebakaran (fire truk) baru milik Pemkot Makassar untuk tahun penganggaran tahun 2015. Uniknya, Danny melakukan peluncuran ini dengan menggelar ritual "passili", ritual syukuran suku Bugis Makassar, sekaligus secara simbolik menandakan mobil tersebut secara resmi telah siap melayani warga.

Pada acara ini, juga dirangkaikan dengan pelantikan dan pengukuhan anggota 200 anggota Bantuan Laskar Kebakaran (Balakar)  serta penyerahan rompi Balakar dan Tabung pemadam kebakaran ringan.

Dikesempatan tersebut, Wali Kota Makassar mengatakan bahwa hal tersebut merupakan bukti keseriusan Pemkot Makassar menghadirkan pelayanan publik dan demi terjaganya keamanan warga kota dari dampak kebakaran.

"Keunggulan pemadam kita ditambah kekuatan peralatan yang dimiliki sudah tidak diragukan lagi. Dan nantinya kerja-kerja Tim Pemadam akan lebih diperkuat oleh Balakar di 14 kecamatan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Sarana Dinas Pemadam Kebakaran Makassar, Ibrahim menjelaskan bahwa dengan adanya tambahan truk Damkar ini maka total jumlah kekuatan armada Damkar Makassar saat ini berjumlah 43 unit.

"Fire truk sebelumnya cuma 29 unit. Dengan adanya tambah 14 armada baru maka total yang bisa dioprasikan saat ini 43 unit,"  katanya.

Ibrahim menjelaskan bahwa untuk tahun anggaran 2015 ini telah direalisasikan pengadaan fire truk 14 unit yang terdiri dari 7 berkapasitas 1200 liter, 2 unit berkapasitas 3000 liter dan 5 unit berkapasitas 5000 liter.

Selain itu juga terdapat 14 unit mobil tangki suplay berkapasitas 8000 liter. Khusus mobil berkapasitas kecil diperuntukkan agar bisa menjangkau lorong-lorong sempit yang selama ini sulit dimasuki. * (Iskandar Burhan)