MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Sabtu, 23 Januari 2016

'Lorong Garden' Tabaringan, dari Masyarakat untuk Masyarakat



Smartcitymakassar.com. --Makassar- Keberhasilan program Lorong Garden atau 'Longgar' bagi Kelurahan Tabaringan adalah keberhasilan bagi warganya. Secara ekonomis, sosial, budaya, dan lingkungan adalah sebagian keuntungan dari program 'Longgar' ini, seperti dijelaskan Lurah Tabaringan, Saiful, saat menerima kunjungan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kota Makassar, Sri Susilawati, beberapa waktu lalu, di Kelurahan Tabaringan.

Dukungan masyarakat Kelurahan Tabaringan bagi 'Longgar' adalah yang utama. Beberapa kelompok seperti Wanita Tani, Masyarakat Peduli Lingkungan, pengurus Bank Sampah, tokoh-tokoh masyarakat adalah pilar dari 'Longgar'.

Yang khusus, terdapat Rumah Bibit sebagai wadah penunjang kebutuhan bibit tanaman yang diperlukan. Beberapa tanaman yang masih kurang didapati di Kota Makassar seperti labu caboca, labu botol dan paris belut disediakan di Rumah Bibit ini.

Pengembangan lebih kreatif juga diinisiasi oleh Kelurahan dengan mendorong kreatifitas kelompok-kelompok tersebut misalnya membuat 'dekorasi tanaman' sebagai kombinasi antara tanaman pangan dan hias yang memberi manfaat bagi lingkungan dan ekonomi warga. Manfaat ekonomis juga didorong pihak Kelurahan lewat program 'Budi Daya Ikan' bagi warga.* (Iskandar Burhan)