MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Minggu, 24 Januari 2016

Menularkan Hidup Sehat Bersama “Kidneys Teen”



smartcitymakassar.com –MAKASSAR-  Sebuah Hometown Project  digelar selama kurang lebih 2 bulan, dimulai dari 15 januari 2016 lalu hingga Februari 2016 nanti di kota Makassar . Hometown Project ini merupakan inisiasi dari Aiesec yang bersinergi dengan Danone dengan mengelar proyek sosial. Proyek ini akan juga akan dibantu oleh 3 orang sukarelawan (volunteer) yang berasal dari berbagai negara dan akan datang ke Makassar 

Kedatangan sukarelawan ini untuk bersama-sama melakukan aksi postif berupa mengajak beberapa sekolah dan komunitas di kota Makassar untuk lebih peduli lagi dengan air putih demi kehidupan yang lebih baik dan mereka datang dari Negara Hungary, Taiwan dan China.

 Dengan tajuk bernama “Kidneys Teen”, proyek sosial ini merupakan salah satu kegiatan yang akan dijalankan oleh 6 orang organizing committee dan dipimpin langsung oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi, Fransiske Tatengkeng.

 Selama kurang lebih 2 bulan akan ada beberapa kegiatan berupa road to school ke beberapa sekolah dimulai dari taman kanak-kanak hingga sekolah menengah atas untuk melakukan sosialisasi mengenai pentingnya air minum untuk kesehatan ginjal masing-masing dan akan dibawakan oleh 3 volunteer yang berasal dari berbagai Negara.

Tidak hanya itu, dalam gelaran aksi ini  sebuah sticker campaign dilakukan untuk mengingatkan semua orang tentang minum air putih 8 gelas per hari. Juga dilakikan pengumpulan koin untuk penderita penyakit ginjal bernama umar yang berumur 15 tahun, lomba mewarnai secara umum  dan senam bersama agar lebih mengenal pentingnya hidup sehat bagi semua orang.

Pada akhir acara,  Kidneys Teen diadakan sebuah pertunjukan menarik berupa Global Village, yang mana semua delegasi dari berbagai negara tersebut akan menampilkan kebudayaan mereka di depan semua peserta yang akan hadir, dari segi pakaian, tarian, bahasa hingga makanan akan ada diacara puncak yaitu Global Village yang akan diadakan pada bulan Februari mendatang. Tidak ketinggalan semua kegiatan akan diakhiri dengan memberikan donasi koin yang terkumpul untuk para penderita penyakit ginjal yang ada di kota Makassar.

Acara ini dimulai sejak tanggal 15 januari 2015 lalu dengan memberikan welcoming party dan incoming preparation seminar di Digital Lounge yang mana acara ini bertujuan untuk mengenalkan kota Makassar kepada para EP. kemudian pada tanggal 21 januari sudah diadakan roadshow pertama di TK Danica BTP yaitu memberikan penyuluhan kepada anak TK tentang pentingnya minum air putih bagi ginjal mereka.


Roadshow kedua pada tanggal 23 Januari di SMP Katolik Rajawali dan acara sangat meriah karena lebih dari 500 siswa ikut berpartisipasi dalam acara ini. Masih ada beberapa sekolah yang akan kami datangi seperti SD Mangkura,  SMP Negeri 6, SMAN 1 dan Universitas Bosowa Makassar. * (Thoha Pacong)