MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Rabu, 06 Januari 2016

Sekda Kota Makassar: Lima Jalan Peningkatan Kualitas Ketahanan Keluarga



smartcitymakassar.com –MAKASSAR- Kualitas ketahanan keluarga mendapatkan perhatian utama pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke - 16 Dharma Wanita Persatuan (DWP) kota Makassar yang mengusung tema, Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan Menuju Ketahanan Keluarga, Rabu (6/01/2016) di Graha PKK kota Makassar,

Tema tersebut diangkat, mengingat kualitas perempuan menjadi kunci utama dalam mewujudkan ketahanan keluarga. Ada lima program yang diinisiasi oleh DWP kota Makassar untuk memujudkan hal itu melalui peningkatan kualitas iman dan taqwa, peningkatan kualitas kesehatan berupa pemenuhan gizi, menghindari narkoba dan menghindari perilaku yang berdampak pada penyakit menular.

Program lainnya dengan meningkatkan kualitas kesehatan gender, kualitas pemahaman HAM (Hak Asasi Manusia), dan kualitas pemahaman KDRT (Kekerasan dalam Rumah Tangga). Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) kota Makassar, Ibrahim Saleh saat membuka peringatan HUT ke -16 DWP kota Makassar.

"Dari kelima jalan itu, tentunya kualitas iman dan taqwa merupakan kunci dalam mewujudkan ketahanan rumah tangga," imbuh Ibrahim Saleh. "Apabila kita memandang hidup dengan rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT maka semua yang ada pada diri kita, keluarga kita, dan kehidupan kita akan menjadi indah dan luar biasa," lanjut Ibrahim yang juga penasehat DWP kota Makassar.

Ibrahim Saleh juga menuturkan Dharma Wanita telah mencapai kemajuan dalam komitmennya mendorong peningkatan kualitas perempuan di berbagai bidang. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kesepakatan kebijakan untuk menangani isu penghapusan diskriminasi terhadap perempuan, upaya mengembangkan kesetaraan gender, penanganan kekerasan terhadap perempuan, dan upaya perlindungan anak.

Ketua DWP kota Makassar, Marlina Ibrahim Saleh menuturkan rencana strategis (Renstra) DWP 2015 - 2019 telah menggariskan tahapan - tahapan road map untuk membangun anggota DWP, keluarga, dan masyarakat temasuk mendorong perempuan secara ekonomi dan berpengetahuan luas.
"Sebagai mitra pemerintah, Dharma Wanita Persatuan mendukung pemerintah dengan program kerja berkelanjutan yang memiliki dampak ganda bagi peningkatan kesejahteraan anggota, keluarga, dan masyarakat sekaligus meningkatkan peran serta perempuan dalam bidang pendidikan, ekonomi, sosial budaya, dan politik," tutur Marlina.

Kemerosotan moral, dan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak, kasus kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur, dan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja turut menjadi perhatian di HUT ke -16 DWP kota Makassar, "Fenomena tersebut membuat kita menyadari bahwa peningkatan kualitas dan ketahanan keluarga merupakan salah satu solusi untuk menyelesaikan maslah tersebut," terang Marlina.

Ketua organisasi yang menghimpun isteri Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemerintah kota (Pemkot) Makassar itu mengajak seluruh pengurus dan anggotanya untuk bersama - sama meningkatkan kualitas sebagai perempuan sehingga dapat menjadi pelaku utama dalam ketahanan keluarga. Peringatan HUT ke - 16 DWP kota Makassar dihadiri kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), camat, dan lurah lingkup Pemkot Makassar, Asisten IV Bidang Administrasi Umum Sekda, Andi Hadijah Iriani, serta Penasehat DWP kota Makassar, Meliana Fercini.

Kegiatan hari itu juga diisi dengan penyerahan hadiah pemenang lomba dalam rangka memperingati HUT ke - 16 DWP kota Makassar untuk Lomba Administrasi Kantor DWP se - kota Makassar, berturut - turut Peringkat I - sampai dengan X : DWP Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Dinas Pekerjaan Umum (PU), Kecamatan Rappocini, Dinas Pendidikan, Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah), Kecamatan Mamajang, Inspektorat, Kecamatan Biringkanayya, PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum), dan Kecamatan Bontoala.


Juara Motivasi diberikan kepada 1. Dispenda (Dinas Pendapatan Daerah), dan 2. Dinas Koperasi & UKM (Usaha Kecil Menengah). Pemenang Lomba Merias Wajah dan Memakai Jilbab Tanpa Cermin diberikan kepada, berturut - turut Terbaik I sampai dengan X : DWP Kecamatan Biringkanayya, PDAM, Kecamatan Biringkanayya, Dispenda, Disnaker, Dispenda, Kecamatan Makassar, Dinas Pendidikan, PD (Perusahaan Daerah) Pasar Makassar Raya, serta Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BPPPA) kota Makassar. * (Iskandar Burhan)