MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Jumat, 12 Februari 2016

Ekspor Perdana Bunga Seruni Diluncurkan



smartcitymakassar.com - Makassar–  Ekspor perdana Bunga Seruni ke Osaka Jepang, siap diluncurkan. Berlokasi di ruang VIP Emmy Saelan, Bandara Lama Galaktika Makassar, Jumat (12/2/2016), Kepala Badan Karantina Pertanian Banun Harpini secara resmi menyerahkan sertifikat kesehatan (phytosanitary certificate) untuk 6.000 bunga potong Seruni yang bakal di ekspor perdana ke Osaka, Jepang.

Sertifikat kesehatan tumbuhan yang diserahkan kepada PT. Bunga Malino ini disaksikan langsung Mufidah Jusuf Kalla dan Martati Amran Sulaiman beserta rombongan

Bunga Seruni atau bunga Krisan merupakan bunga yang pali laris di pasar internasional. Bunga ini biasa digunakan sebagai pelengkap pada upacara perkawinan, upacara adat serta keagamaan.

Menurut Murakami Masaki, importir asal Osaka, Jepang potensi pasar bunga Seruni berjenis Spray asal Malino sangat baik. “ Jenis ini merupakan jenis yang tahan lama”, ucapnya.

Dalam persyaratan ekspor yang dikeluarkan Jepang, setidaknya ada 20 organisme pengganggu tanaman (OPT) pada bunga Seruni yang harus dinyatakan bebas, dan Balai Karantina telah memastikan bahwa komoditas tersebut bebas dari hama penyakit tumbuhan.

Menurut Nurhalim, Kepala Bidang Karantina Tumbuhan (BBKP), PT. Bunga indah Malino adalah perusahaan eksportir pertama di Makassar yang telah mendapatkan izin instalasi Karantina Tumbuhan sehingga dapat melaksanakan tindakan karantina di luar tempat pengeluaran atau in-line inspection. “ Dengan adanya sistem ini akselerasi ekspor bungan Seruni asal Malino mampu didorong untuk menenbus pasar manca negara”, ujarnya. * (Iskandar Burhan)