MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Minggu, 13 Maret 2016

Inovasi Danny Pomanto


smartcitymakassar.com -Makassar-  Inovasi Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto membawa kota ini dua kali tambah baik seakan tak pernah henti.

Satu lagi ide cemerlang yang Ia ciptakan yakni penggunaan kantong plastik sortir untuk sampah rumah tangga sehingga pengurangan sampah bisa langsung dari rumah dan produksi sampah rumahan pun sudah tersortir.

Menurut Danny mulai membagikan sekitar 2 juta kantong sampah sortir kepada masyarakat melalui Camat dan Bank Sampah yang ada.(12/3/2016)

"Ini pertama kalinya di Indonesia, belum ada di Daerah lain yang menggunakan kantong sortir untuk memilah sampah langsung dari rumah warga," terang Danny.

Kantong sampah ini menurut Danny dibagi dalam 4 jenis untuk dua kategori yakni kategori untuk warga yang bermukim di lorong dan yang tinggal di area umum.

Ke empat jenis kantong pelastik sampah sortir ini yakni sampah organik, plastik, kertas dan kaleng. Khusu bagi warga kurang mampu akan mendapatkan kantong sampah berwarna orange, sementara bagi masyarakat yang dianggap mampu akan diberikan warna hijau.

Masing Masing kategori akan mendapatkan 4 jenis kantong sampah per rumah tangga. Pada tahap awal sebagai sosialisasi, semua kategori akan dibagikan secara gratis.

Namun, menurut Wali Kota tahap selanjutnya bagi keluarga mampu sudah harus membeli kembali di toko-toko yang menyediakan kantong ini apabila rusak, kecuali untuk kategori yang diberikan ke warga miskin akan digratiskan selamanya.


Kantong yang juga disebut kantong sampah Makassar Tidak Rantasa ini memiliki ketahanan lebih karena ketebalan bahan plastik yang digunakan 5 milimeter. Untuk satu kantong mampu memuat setengah kubik sampah. Selain itu, Danny mengatakan bahwa bahan yang digunakan juga anti tikus sehingga aman dari gangguan binatang pengerat. (Iskandar Burhan)