MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Selasa, 22 November 2016

Dinas Kesehatan Makassar Gelar Pertemuan Pemantauan Eliminasi Malaria

(Foto: Dayat / Humas Pemerintah Kota Makassar, 2016)

Smartcitymakassar.com. --Makassar- Kantor Dinas Kesehatan Kota Makassar menggelar acara "Pertemuan Pemantauan Eliminasi Malaria Tingkat Kota Makassar" yang dilaksanakan di Maleo Hotel, Selasa (22/11/2016). Pertemuan ini dibuka oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Makassar, Ibrahim Saleh.

Dalam sambutannya, Ibrahim Saleh mengatakan bahwa secara georafis Kota Makassar bukanlah termasuk dalam kategori kota epidemik malaria. Namun Kota Makassar merupakan pintu gerbang Indonesia Timur yang mempunyai mobilitas tinggi dan dikunjungi banyak pendatang dari luar Makassar.

"Hal ini yang perlu kita waspadai, penyebaran penyakit ini cenderung menular melalui pendatang dari luar yang membawanya masuk," ujar Ibrahim Saleh.

Pemanggulangan penyakit ini tentunya perlu perhatian dan kerja sama dari masyarakat, bukan hanya menjadi perhatian dari dinas terkait. Hal ini bisa dilakukan dengan deteksi dini kepada orang yang mengalami gejala penyakit tersebut.

"Melakukan deteksi dini terhadap penyakit ini bisa dilakukan dengan melakukan pengecekan darah sehingga mampu kita tanggulangi penyebarannya," jelas Ibrahim Saleh.

Sementara itu, Ketua Panitia pertemuan, Andi Maryani, mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan tentang penyakit malaria serta meningkatkan kewaspadaan masyarakat menanggulangi penyebaran penyakit malaria.

"Kita mau agar peserta memahami serta melakukan sosialisasi di masyarakat tentang bahayanya penularan penyakit malaria ini," kata Andi Maryani.

Sebanyak 50 orang peserta hadir dalam pertemuan ini yang terdiri dari unsur kecamatan maupun Satuan kerja Perangkat daerah (SKPD), serta Sekretariat Pemerintah Kota Makassar.* (Dayat / Iskamdar Burhan)