MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Rabu, 09 November 2016

Peringati HUT Makassar, Wali Kota Danny, Wawali Kota Syamsu Rizal dan Sekda Kota Ibrahim Saleh ke TMP dan Makam Raja Tallo

Kunjungan Wali Kota Danny Pomanto ke TMP (Foto: Kandar Oliver) 

smartcitymakassar.com - Memperingati HUT ke - 409 tahun kota Makassar, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto bersama Wakil Wali Kota Makassar Dr Syamsu Rizal, Sekda Kota Makassar Ibrahim Saleh, camat dan pimpinan SKPD lingkup pemerintah kota Makassar serta Dandim 1408/BS Letkol Kav Otto Sollu ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Panaikang, dan Kompleks Makam Raja - Raja Tallo, Rabu, (9/11/2016).

Di TMP Panaikang, Wali Kota Danny memimpin Hening Cipta bagi arwah pahlawan yang dilanjutkan dengan tabur bunga di pusara Wali Kota Makassar Periode 1962 - 1976, Kolonel (Purn.) Muhammad Daeng Patompo, Wali Kota Makassar Periode 1976 - 1982 Kolonel (Purn.) Abustam, Wali Kota Makassar Periode 1982 - 1988 Kolonel (Purn.) Jancy Raib, dan pahlawan nasional Emmy Saelan.

Bersama sejumlah pejabat yang mendampingi, Wali Kota Danny berdoa di samping pusara ditemani gerimis hujan. Usai ziarah di TMP Panaikang, rombongan Wali Kota Danny Pomanto meneruskan ziarahnya ke Kompleks Makam Raja - Raja Tallo.

Di sana, orang nomor satu Makassar itu menabur bunga di Makam Raja Tallo VII  yang memerintah di tahun 1598 - 1641 Sultan Mudafar dengan gelar Imanginyarrang Daeng Makkiyo.

"Pencapaian Makassar di usianya yang ke - 409 tahun tak lepas dari prestasi yang telah ditorehkan oleh wali kota Makassar dari periode sebelumnya. Ziarah ini mengingatkan kita untuk terus memperbaiki diri, membangun Makassar dua kali tambah baik," kata Wali Kota Danny.

Kunjungan ke Makam Raja-Raja Tallo (Foto: Kandar Oliver) 

Sementara saat berziarah di Kompleks Makam Raja - Raja Tallo, Wali Kota Danny menyampaikan sejarah lahirnya Makassar ada di kerajaan Tallo, 409 tahun lalu orang sholat Jumat pertama disini, waktu itu semua di sini di islamkan, kita harus hargai sejarah sejarah bagian dari kita, kejayaan kerajaan Gowa - Tallo sebagai salah satu kerajaan terbesar di nusantara yang mewarnai perjalanan sejarah bangsa Indonesia menginspirasi Makassar untuk mempertahankan kejayaan itu baik sebagai water front city maupun sebagai kota dunia.(Iskandar Burhan)