MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Jumat, 11 November 2016

TrueMoney: Inovasi Layanan Uang Elektronik

Edwin Inzal, SE Area Manager TrueMoney Makassar (Foto: Arief Septiadi) 

smartcitymakassar.com - TrueMoney hadir pada tahun 2007 di Thailand dan  merupakan unit bisnis dari Charoen Pokphand (CP) Group. TrueMoney merupakan salah satu dari tiga besar uang elektronik yang digunakan di Thailand. Setelah terlebih dulu hadir di Myanmar dan Kamboja, pada September 2015 TrueMoney hadir pula di Indonesia dibawah payung Ascend Group, melalui PT. WitamiTunai Mandiri. 

TrueMoney di Indonesia
TrueMoney merupakan layanan keuangan inovatif yang menargetkan pasar utamanya kepada masyarakat yang belum memiliki rekening bank. TrueMoney memiliki dua jenis layanan keuangan yaitu TrueMoney syariah dan TrueMoney konvensional.Layanan TrueMoney dapat dilakukan menggunakan kartu Member melalui Mesin EDC (Electronic Data Capture), atau tanpa kartu Member melalui Aplikasi smartphone berbasis Android dan Website.

Saat ini, Mesin EDC TrueMoney tersebar sebanyak 10,000 unit di 10 provinsi, yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Bali dan Sumatera Selatan. Di akhir tahun 2016, TrueMoney memprediksikan 23,000 mesin EDC-nya tersebar di Indonesia.

Layanan TrueMoney di Indonesia
TrueMoney memberikan berbagai layanan yang memberikan kemudahan dalam pembelian dan pembayaran, diantaranya :

Uang Elektronik via EDC True Money

Kirim uang elektronik TrueMoney

Isi saldo TrueMoney

Tarik saldo TrueMoney

Pembayaran non tunai di merchant

Pengiriman Uang

Pengiriman dan tarik uang kesesama member TrueMoney

Pengiriman dan tarik uang ke Bank

Pengiriman dan tarik uang ke Non-Member

Layanan Loket Pembayaran/pembelian

Pembelian pulsa telepon selular

Pembelian token pulsa PLN

Pembayaran tagihan bulanan

Untuk di Makassar sendiri layanan TrueMoney sudah dapat dilakukan melalui Kios kios TrueMoneyyang tersebar di seluruh area Makassar kota dan sekitarnya ( Bone, Pare-Pare, Sidrap, Mamuju, Takalar, Maros, Gowa).

Jumlah kios TrueMoney yang tersebar di area SulSelBar sudah ada 1200 kios.

Tentang TrueMoney
TrueMoney adalah layanan keuangan digital milik PT.Witami Tunai Mandiri, yang memudahkan penggunanya untuk melakukan berbagai transaksi seperti top up saldo, pembayaran tagihan, pembelian di merchant yang telah bekerjasama, dan transfer dana.
TrueMoney merupakan salah satu dari tiga besar uang elektronik yang digunakan di Thailand. Setelah terlebih dulu hadir di Myanmar dan Kamboja, pada September 2015 TrueMoney hadir pula di Indonesia dibawah payung Ascend Group, melalui PT. Witami Tunai Mandiri dengan menyasar kepada masyarakat non-banking.

Produk TrueMoney sudah memiliki izin penyelenggaraan e-money dan Penyelenggara Transfer Dana dari Bank Indonesia, serta telah mendapatkan sertifikasi Syariah dari MajelisUlama Indonesia. Layanan TrueMoney juga dapat digunakan untuk tarik tunai (melalui Agen atau rekening Bank) dan transfer kesesama pengguna dan pemilik rekening bank di seluruh Indonesia.



Kerjasama TrueMoney

PT. WitamiTunai Mandiri melalui produk TrueMoney bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menyelenggarakan layanannya, diantaranya:

Alfamart: Alfamart dimulai di tahun 1989 dibawah nama PT Sumber AlfariaTrijayaTbk, bergerak dibisnis pertukaran dan distribusi, lalu di tahun 1999 mulai masuk ke sektor retail

•   Belanja
•   KirimUang
•   Tarik Uang

Animal Defender:Organisasi nonprofit yang didirikan di tahun 2011. Dimanamisi utama adalah untuk menyelamatkan, mengedukasi dan mengadakan program adopsi untuk binatang.

•   Electronic Data Capture (EDC) disetiap cabang Animal defender yang dapat digunakan untuk pembayaran dan Donasi (TrueMoney sebagai alat bayar).
•   Mengakuisisi member Animal Defender menjadi member Truemoney XTRANS: Perusahaan yang bergerak dibidang jasa seperti penyediaan tiket pesawat, rental mobil, shuttle, pengiriman paket dan dokumen, serta tour & travel.
•  Electronic Data Capture (EDC) disetiap cabang XTRANS di Jakarta, Bandung danJogyakarta yang dapat digunakan untukpembayaran tiket perjalanan.
•   Mengakuisisi setiap karyawan XTRANS menjadi member TrueMoney.
•   Bebek Kaleyo: Rumah makan yang menyediakan menu special bebek dengan rasa yang khas dengan berbagai macam pilihan sambal.
•   Electronic Data Capture (EDC) disetiap cabang Bebek Kaleyo dapat digunakan untuk pembayaran (TrueMoney sebagai alat bayar).
•   Mengakuisisi karyawan Bebek Kaleyo menjadi member TrueMoney

SAP Express: Perusahaan jasa yang mengkhususkan diri dalam bidang kurir dan kargo, SAP Express berdiri sejak tahun 2014 dan merupakan salah satu perintis jasa kurir di Indonesia yang menggunakan sistem online di seluruh cabang maupun jaringan di seluruh Indonesia dikelolah oleh para profesional dibidangnya selama puluhan tahun.

•   Jaringan PT SAP Logistik menjadi jaringan TrueMoney dan sebaliknya jaringan TrueMoney menjadi jaringan PT SAP (Memperluas jaringan & memberikan benefit untuk masing2 agen).
•   ATM ALTO Network: Switching/ATM di Indonesia yang telah bekerjasa lebih dari 50 Bank di Indonesia.
•   Isi saldo TrueMoney melalui jaringan Bank, ATM dan Online Banking.
•   Transfer ke Rekening Bank (Arief Septiadi/Yushar Mustafa)