MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Minggu, 11 Desember 2016

Peringatan Hari Korban 40.000 Jiwa, Danny: Sulsel Miliki Kisah Perjuangan yang Besar

Foto: Humas Pemkot 

smartcitymakassar.com - Wali kota Makassar Moh. Ramdhan 'Danny' Pomanto berharap semangat perjuangan korban 40.000 jiwa diwarisi dan melekat dalam karakter generasi muda Makassar.

Hal ini ditegaskan Danny sapaan akrab Ramdhan Pomanto usai mengikuti upacara peringatan hari korban 40.000 jiwa rakyat Sulsel yang ke 70 tahun, di monumen perjuangan korban 40.000 jiwa, (11/12/2016).

"Sangat jelas dalam sejarah Nusantara, Sulsel memiliki kisah perjuangan yang sangat berkontribusi terhadap pergerakan kemerdekaan RI. Bagaimana perlawanan para raja dan rakyat menghadapi pasukan khusus dari Belanda tanpa takut sedikit pun walau korban mencapai 40.000 jiwa," jelasnya.

Menurutnya, semangat yang tidak pernah surut dengan apa yang telah diperjuangkan para pendahulu bangsa ini mestinya menginspirasi generasi penerus bangsa saat ini.

Terlebih kata Danny bangsa ini sedang menghadapi proxy war (perang yang tidak kelihatan). Karenanya semangat itu harus tumbuh kembali dan tertanam dalam diri anak-anak di Makassar sebagai benteng bangsa ini ke depan.

Upacara dipimpin langsung Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL). Dalam pidatonya, SYL juga mengingatkan agar warga tidak mudah terpecah-pecah oleh berbagai kepentingan.

"Proxy war adalah perang cara baru yang mengincar negara-negara kaya termasuk Indonesia. Mari kita hindari dengan membangkitkan kembali semangat perjuangan 40.000 jiwa dan mari katakan Kita Indonesia," tegas SYL.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan penyerahan bingkisan secara simbolik sebagai penghargaan terhadap 10 veteran dan janda veteran korban 40.000 jiwa masing-masing kepada, Makmur, Haji Suka, Lia Dg. Ngewa, Abd. Hamid, Indo Tuwo Tenggeng, Muna Dg. Kinang, Sittiara, Hajrah, Nurung, dan Hajah Syarifah.(Iskandar Burhan)