MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Senin, 28 Agustus 2017

Dinas Ketahanan Pangan Makassar Gelar Operasi Pasar Terpadu



(Foto: Istimewa)

Smartcitymakassar.com. --Makassar- Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar menggelar operasi pasar terpadu di sejumlah pasar modern dan pasar tradisional dalam wilayah Kota Makassar pada Senin (28/08/2019).


Operasi ini melibatkan sejumlah  SKPD lingkup Pemerintah Kota Makassar, diantaranya Dinas Kesehatan, Dinas Perikanan dan Pertanian, Dinas Perdagangan, dan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Tim operasi pasar terpadu akan memantau keamanan bahan-bahan pangan dan stabilitas harga pangan menjelang Hari Raya Idul adha 1438 H yang jatuh pada 1 September 2017.

Ketua Tim Terpadu, Budi Susilo, yang juga Kabid Keamanan Pangan Makassar, mengatakan bahwa kegiatan tim ini adalah rutin dilaksanakan tiap bulan, apalagi menjelang hari raya, melibatkan beberapa instansi terkait.

"Kita turun ke pasar-pasar untuk memeriksa dan memastikan pangan yang dikomsumsi oleh masyarakat bebas dari kandungan bahan-bahan berbahaya seperti pestisida atau bahan pengawet yang bisa merusak kesehatan," jelas Budi Susilo.

Operasi pasar kali ini memantau Pasar Terong dan Lotte Mart Alauddin. Di kedua pasar tersebut, tim operasional terpadu dan pengendalian keamanan pangan mengambil dan memeriksa beberapa sampel sayuran dan buah-buahan untuk mengetahui apakah mengandung pestisida.

"Dari hasil uji sampel pada selada bayam, semangka dan melon yang menggunakan Rapid Test (test cepat) di Pasar Terong dan Lotte Mart Alauddin, kami tidak menemukan adanya kandungan pestisida pada sayuran dan buahan yang dijadikan sampel," terang Budi Susilo.* (Iskandar Burhan)