MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Sabtu, 09 September 2017

Makassar Jalin Sejumlah Kerjasama Nasional dan Internasional




(Foto: Bagian Humas Pemkot Makassar, 2017)


Smartcitymakassar.com. --Makassar- Kota Makassar menjalin sejumlah kerjasama, baik nasional maupun internasional. Pada Sabtu ini (09/09/2017), Duta Besar (Dubes) Perancis untuk Indonesia Jean-Charles Berthonnet dan Wali Kota Makassar, Mohammd Ramdhan 'Danny' Pomanto, akan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) terkait kerja sama di bidang smart city.


Baca juga: Wali Kota Makassar dan Dubes Perancis akan Teken MOU Smart City

Wali Kota Danny menyebutkan, penandatanganan MoU akan dilakukan dengan Engie Ineo yang merupakan salah satu perusahaan terbesar di Perancis yang bergerak di bidang rekayasa listrik, informasi dan sistem komunikasi.

Sementara itu menurut Kasubag Kerja Sama Antar Daerah / Lembaga, Bagian Perekonomian dan Kerja Sama Pemkot Makassar, Najiran Syamsuddin, Makassar menjalin kerjasama lintas perkotaan dengan Yogyakarta terkait Pengelolaan Air Bersih antara PDAM Makassar dan PDAM Yogyakarta, dan kerjasama soal Pengembangan Potensi Pariwisata dengan Surakarta.

Selain dengan Perancis, kerjasama luar negeri atau internasional, menurut Najiran, juga dilakukan dengan lewat penandatanganan Letter Of Intens dengan Kota Kaohsiung tentang Pengembangan pembangunan dan perdagangan.

"Saat ini sedang melakukan penjajakan kerjasama dengan Makassar yaitu New Zealand untuk Energi Terbarukan, Georgia di bidang Pariwisata, dan Afganistan pada sektor Perdagangan," terang Najiran.* (Iskandar Burhan)