MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Kamis, 12 Oktober 2017

Dinas Perikanan Makassar Gelar Pengawasan di PPI Paotere dan TPI Rajawali


(Foto: Istimewa)


Smartcitymakassar.com. --Makassar- Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar kembali melaksanakan pengawasan produk perikanan yang kali ini dilakukan di PPI Paotere dan TPI Rajawali pada Rabu (11/10/2017).

Kegiatan yang dilakukan secara rutin tersebut dipimpin langsung oleh Kadis DP2 Makassar Abd. Abd Rahman Bando didampingi Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Makassar H. Arsyad dan Kabid Perikanan DP2 Makassar.

Dalam pengawasan tersebut, tim mengambil sampel berupa ikan, udang dan cumi dari hasil tangkap dan budidaya yang berasal dari daerah Kalimantan, pulau-pulau di selat Makassar dan juga dari daerah Sulawesi Barat. Sampel langsung melakukan uji sampel di tempat.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya kandungan bahan kimia berbahaya seperti formalin pada produk.

Pemeriksaan terhadap 11 sampel yang diambil, hasilnya adalah negatif. Artinya aman untuk dibeli dan dikonsumsi.

Selain di kedua pasar ikan tersebut tim juga rutin melakukan pemeriksaan di pasar tradisional dan modern.

Pada kesempatan itu, Abd. Rahman Bando menghimbau para pedagang untuk senantiasa menjaga mutu produk perikanan yang dijual dan tidak menjual produk yang mengandung bahan kimia berbahaya bagi kesehatan konsumen seperti formalin.

“Masyarakat konsumen juga diharapkan tetap selektif saat membeli bahan pangan khususnya hasil perikanan. Apabila menemukan produk yang mencurigakan agar melaporkan ke dinas terkait untuk dilakukan pemeriksaan oleh tim,” kata Abd Rahman Bando.* (Ril/Is)