MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Selasa, 31 Oktober 2017

Wali Kota Danny Paparkan 5 Inovasi Strategis Pemkot Makassar di Innovative Government Award 2017


(Foto: Bagian Humas Pemkot Makassar, 2017)

Smartcitymakassar.com.--Makassar.- Wali Kota Makassar Danny Pomanto memaparkan lima inovasi strategis Pemerintah Kota Makassar dihadapan Tim Penilai Indonesia Government Award IGA 2017 yang terdiri dari Kemendagri, Kemenristekdikti, Kemenpan, LAN RI dan Kapus Inovasi Daerah dalam Indonesia Governement Award 2017 bertempat di Hotel Acacia Jakarta. Selasa (31/10/2017).

Dari 17 inovasi Kota Makassar yang dikirim melalaui Badan Litbang Kota Makassar terdapat 5 (lima) inovasi yang menarik atensi para Tim Penilai yakni Makassar ta' Tidak Rantasa MTR, Lorong Garden, Lorong Sehat, Makassar Home Care dan Dongeng Keliling.

Dalam paparannya, Wali Kota Danny mengawali dari pencanangan gerakan MTR diawal pemerintahannya yang kemudian melahirkan beberapa gerakan masyarakat misal Lihat Sampah Ambil (LISA), Makassar Bersih Lorong (MABELO), Majukan Lorong (MAJURONG), Makassar Bebas Sampah (MABASA) dan Aku dan Sekolahku Tidak Rantasa.

Dari Gerakan masyarakat tersebut melahirkan beberapa inovasi seperti Lorong Garden dimana sekitar 65 persen lorong yang sudah tertata dari sekitar 7.520 Lorong yang ada di Kota Makassar.

"Dari Lorong Garden yang sudah dilaksanakan di 15 kecamatan secara swadaya maka lahirlah 'LongSet' Lorong Sehat yang bermanfaat untuk mendidik perilaku hidup bersih dan sehat dan dibarengi dengan Makassar Home Care yang turut memberikan pelayanan kesehatan secara gratis selama 24 jam di Kota Makassar," ujar Danny.

Terakhir, manfaat Dongeng Keliling bagi para pelajar menumbuhkembangkan semangat baca dan melestarikan dongeng nusantara bagi para generasi muda demi melahirkan generasi cemerlang yang berkarakter lokal.

Tim penilai yang dipimpin oleh Kabid Pengembangan Inovasi Daerah Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kementrian Dalam Negeri Zainal Arifin yang juga sebagai Penyelenggara sekaligus Ketua Tim penilai Innovative Govermment Award/IGA Tahun 2017 memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Walikota Danny atas inovasi dan presentasi yang diimplementasikan kepada masyarakat Kota Makassar secara integrasi dan sistematis dan berharap melahirkan lagi beragam inovasi kedepannya.* (Iskandar Burhan)