MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Senin, 15 Januari 2018

Hadapi Fenomena 'Supermoon', Ini Antisipasi Camat Ansaruddin



(Foto: Istimewa)

Smartcitymakassar.com. --Makassar- Camat Wajo Ansaruddin mengimbau semua pihak untuk mewaspadai potensi banjir akibat fenomena alam supermoon. Hal tersebut disampaikan Ansaruddin 
dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan se-Kecamatan Wajo.

"Di periode Januari dan awal Februari ini kita masih menghadapi fenomena supermoon. Karena kondisi ini memicu curah hujan tinggi, angin kencang, bisa memicu banjir rob (air pasang)," ungkap Ansaruddin di depan peserta Musrenbang yang dihadiri semua unsur tripika kecamatan, Senin (15/01/2018).

Fenomena supermon, sebutnya, dipahami sebagai siklus lima tahunan yang harus diwaspadai. "Kita masih ingat lima tahun lalu, dengan bulan yang sama, supermoon menimbulkan genangan di beberapa wilayah karena curah hujan yang begitu tinggi," ucapnya. 

Menurutnya, warga perlu mempersiapkan segala kemungkinan, khususnya kepada warga yang bermukim di tempat yang rendah, agar menyimpan barangnya di tempat yang lebih tinggi.

"Begitu juga, masyarakat kiranya menjaga kebersihan, mumpung curah hujan sedang rendah. Marilah kerja bakti membersihkan drainase dan sampah di lingkunganta semua. Saya akan perintahkan semua perangkat pemerintah untuk bergerak," tegasnya.

Ansar berharap masyarakat sadar kebersihan lingkungan, tidak membuang sampah utamanya di drainase sebab berpotensi menghambat saluran air yang tembus ke pelabuhan.

Harapan yang sama disampaikan tokoh masyarakat kecamatan Wajo, Yongrid Lao yang berharap adanya partisipasi masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitar.

"Pemerintah dan masyarakat harus saling bersinergi, untuk kepentingan bersama maka semua harus bergerak, menjaga kebersihan agar tidak menimbulkan bencana," kata Yongris yang juga ketua Walubi Sulsel tersebut.* (Um/Iskandar Burhan)