MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Sabtu, 16 Juni 2018

Tak Ada TPS, Warga Bontoduri Pilih Golput

foto: istimewa  

smartcitymakassar.com - Makassar - Perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018 pelaksanaannya tinggal menghitung hari, namun caruk maruk ketidak siapan panitia penyelenggara dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih terlihat dibeberapa wilayah. 

Salah satunya, diwilayah kelurahan Bontoduri kecamatan Tamalate. Salah satu wilayah dikelurahan tersebut (ORW 05) tidak mempunyai Tempat Pemungutan Suara atau TPS. 

Ratusan kepala keluarga yang masuk sebagai Daftar Pemilih memilih untuk tidak menyalurkan hak suaranya pada pemilihan walikota dan wakil walikota, maupun pemilihan gubernur dan wakil gubernur, disebabkan tidak adanya TPS diwilayah tersebut. 

Hal itu nampak pada salah satu warga Nitizen Andi Singkerru yang memposting foto spanduk yang bertuliskan "Tak Ada TPS, Kami Warga ORW 05 Kelurahan Bontoduri Kecamatan Tamalate GOLPUT Pada Pemilihan Walikota dan Gubernur". Menurut Andi dalam kolom komentarnya dirinyapun mengaku akan Golput atau tidak memberi hak suara saat Pilkada serentak berlangsung. 

Ia pun menyoroti kinerja PPS kelurahan Bontoduri yang terkesan tidak bekerja secara profesional. Seharusnya kendala tidak adanya TPS diwilayah ORW 05 dapat segera dicari solusinya, karena hanya kendala teknis biasa. (**Iskandar Burhan)