MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Rabu, 15 Agustus 2018

Guna Tingkatkan Produktivitas Pertanian Berbasis Organik, DP2 Makassar Gelar 'Abbulo Sibatang'


(Foto: Istimewa)

Smartcitymakassar.com. --Makassar- Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar menggelar kegiatan "Abbulo Sibatang" yang dilaksanakan di Kelurahan Paccarakkang Kecamatan Biringkanaya, Selasa (14/08/2018).


Tujuan kegiatan "Abbulo Sibatang" adalah  untuk meningkatkan produksi padi melalui penambahan luas tambah tanam yang berbasis organik.

Menurut Kadis DP2, Rahman Bando, sesuai tema kegiatan "Penguatan Peran Kelompok Tani dan Wanita Tani Dalam Peningkatan Produksi Melalui Penambahan Luas Tambah Tanam Yang Berbasis Organik", kegiatan ini bertujuan agar warga bisa memanfaatkan lahan pertanian dengan baik sehingga produktivitas bisa lebih meningkat.

"Kita melakukan Abbulo Sibatang melibatkan berbagai pihak terkait, tujuannya kami yakni menyamakan persepsi terkait bagaimana meningkatkan produktivitas pertanian, kapan kita menanam, dan pupuk apa yang bagus digunakan," ucap Rahman Bando.

Rahman mengungkapkan, lahan produktif untuk pertanian yang ada di Kelurahan Paccarakang sekira 400 hektar hingga saat ini.

"Di wilayah ini paling luas wilayah pertaniannya untuk Kota Makassar, bisa tiga kali panen dalam setahun," jelasnya.

Di kesempatan itu, ia mengatakan bahwa kelompok tani juga mendapat bantuan mesin pompa air dari Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Provinsi Sulawesi Selatan.

"Dinas Ketahanan Pangan menjanjikan kita tiga unit pompa air untuk meningkatkan produktivitas pertanian disini," lanjutnya.

Selain itu Rahman juga berharap, bukan hanya produksi padi yang dipertahankan produktivitasnya, tetapi juga pertanian holtikuktura lainnya seperti, jagung, kedelai dan sayur-sayuran bisa juga ditingkatkan dengan memanfaatkan lahan yang ada.

Turit Hadir dalam kegiatan Abbulo Sibatang ini diantaranya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sulsel, H. Fitriani, Asisten II Pemkot Makassar, Sittiara Kinang, Kepala Dinas DP2, Abd Rahman Bando, Camat Biringkanaya, Mahyuddin, Ahli Pertanian, kelompok tani dan wanita tani se-Kecamatan Biringkanaya.** (Iskandar Burhan)