MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Jumat, 09 Oktober 2015

Ilmu dan Amal Lewat Lebah (Summary 'Inspiring')

5th Edition / August 2015 (page 26-27)

Summary 'Inspiring'

Dunia akademisi dan penelitian memang kerap mengundang decak kagum banyak kalangan.  Bagaimana tidak, dari dunia inilah lahir begitu banyak ilmu dan amal bagi kemanusiaan.  Berasal dari 'ruang-ruang' sunyi pemikiran serta kesenyapan 'laboratorium', harapan bagi kehidupan yang lebih baik dan cerah menggantung di sana.

Hal ini juga terjadi pada Prof. Dr. Mappatoba Sila, M.Sc., Guru Besar Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar yang karib disapa Prof. Toba ini memang demikian akrab dengan lika-liku dunia akademik dan penelitian.  Dunia serangga, terutama lebah menjadi medan pengabdiannya. Bahkan tidak tanggung-tanggung lewat disiplin ilmu dan penemuannya di bidang lebah, sosok yang sangat low profile ini menjadi figur yang sangat dihormati dan disegani di dunia akademisi dan penelitian manca negara.

Jiwa nasionalisme memang mengalir deras dalam sosok pendidik di berbagai universitas di Indonesia maupun di Malaysia ini.  Mewakafkan diri untuk kemanusiaan serta tetap memegang prinsip dan nilai-nilai religiusitas juga menjadi bagian dari karakternya.  Tidak mengherankan bila dalam setiap 'napas' ilmu dan penelitian yang dilakukan, Prof. Toba senantiasa merujuk pada kandungan hikmah terbesar dari firman Allah SWT.  "Dalam Al Qur'an surah An-Nahl ayat 68-69, dari perut lebah menyembuhkan manusia.  Kebesaran Allah SWT bagi orang yang berpikir.  Hal itu sangat menantang akal kita untuk menemukan manfaatnya bagi kemaslahatan manusia", tuturnya.

Perkenalan Prof. Toba dengan kajian lebah ini dimulai ketika berkenalan dengan Mister Yang, seorang ahli pengobatan lebah dari Cina.  Mister Yang yang kemudian menjadi sahabatnya ini banyak bercerita tentang manfaat lebah bagi kesehatan manusia.  Dari sinilah jiwa intelektualitas serta spirit kecendekiawan Prof. Toba tertantang, "mengapa seorang ilmuwan yang notabene non muslim mampu memiliki pengetahuan mendalam tentang manfaat lebah, padahal di dalam ajaran Islam, Rasulullah SAW telah dengan jelas menekankan kegunaan serangga ini.  Hal itulah yang terus mengganggu pikiran saya dulu", ucapnya tegas.

(Baca selengkapnya tentang 'Ilmu dan Amal Lewat Lebah' pada SmartCity Magazine, Edisi 5 Agustus 2015.  Hubungi Bagian Pemasaran untuk mendapatkan majalahnya.  Kami juga menyediakan versi softcopy dalam bentuk CD)