MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Kamis, 15 Oktober 2015

Layang-Layang di Langit Akkarena (Tulisan Lengkap)

6th Edition / September 2015 (page 34-35)



Di tepi pantai Akkarena, selama dua hari, 15-16 Agustus lalu warga kota Makassar disuguhi sebuah peristiwa menarik. Adalah gawe dari Dinas Parawisata dan Ekonomi Kreatif Makassar menggelar Festival Layang-layang 2015. Di samping sebagai ajang parawisata, gelaran event berskala nasional ini juga diharapkan mampu memadukan antara kreativitas merancang layang-layang serta ajang hiburan keluarga.

Foto by Iskandar Burhan
Layang-layang Pinisi berukuran dua kali manusia dewasa itu menyeruak angkasa. Meliuk anggun diantara desiran angin dan deburan ombak lepas. Di langit Akkarena di hari Sabtu dan Minggu itu, semarak sekitar 500  layang-layang  dalam berbagai bentuk, baik tradisional maupun modern, melayang di angkasa. Riuh ratusan pengunjung yang didominasi oleh orang tua beserta keluarga menyaksikan ajang yang telah menjadi kalender tahunan Dinas Parawisata dan Ekonomi Kreatif Makassar ini. Bahkan dalam setiap registrasi, pengunjung mendapat layang-layang secara gratis.

Selama dua hari itu, berkumpul para pencinta layang-layang dari seluruh tanah air, baik nasional maupun manca negara. Untuk tahun ini peserta yang terdaftar ada sekitar 700. Bukan itu saja,  dalam  gelaran event ini, panitia menghadirkan juga Museum Layang-layang Indonesia dengan koleksi layang-layangnya yang demikian unik dan menarik. Memang, sebagai ajang tahunan festival kali ini semakin ramai diikuti oleh berbagai peserta serta juga telah menjadi salah satu bagian yang diminati oleh wisatawan, baik lokal maupun manca negara. “Ke depan, kami berharap festival ini akan meningkat menjadi ajang festival internasional”, jelas Muh. Roem, Kepala Bidang Pemasaran dan Promosi, Dinas Parawisata dan Ekonomi Makassar.

Foto by Iskandar Burhan
Festival Layang-layang 2015 ini merupakan gelaran yang telah dua kali terselenggera. Untuk tahun 2015, ajang promosi wisata ini menjadi menarik karena jumlah pesertanya jauh meningkat serta koleksi layang-layang yang dihadirkan semakin banyak dan beragam. Pengunjung yang menikmati ajang festival ini memang membludak. Menariknya, festival ini dirancang bukan saja sebagai ajang promosi wisata, namun unsur entertainment dan edukasi juga sangat terasa. Tidak mengherankan bila disela rangkaian festival ini juga ditampilkan special performance Rizcky de Keizer, Adiduri dan ANF Band melantumkan lagu untuk menghibur penggunjung.

Dibuka langsung oleh Kepala Dinas Parawisata dan Ekonomi Kreatif kota Makassar, Rusmayani Madjid, Festival Layang-layang 2015 ini juga banyak menyajikan aktraksi lain, seperti workshop tentang layang-layang untuk kategori anak-anak, atraksi Layang-layang Candy Drop, sport Kite seperti Rokkakuchallenge, Stunt Kite, Flapjack Kite, melukis dan mewarnai layang-layang serta banyak menyeadakan door prize buat para pengunjung. Banyaknya rangkaian acara di ajang yang edukatif dan menghibur ini cukup mampu menarik banyak pengunjung, terutama keluarga yang bermukim di kota Makassar dan sekitarnya.

Foto by Iskandar Burhan
Pada event ini juga, photography merupakan aktraksi yang mengundang minat pengunjung. Tidak mengherankan bila diantara para pengunjung yang memadati ajang festival, terlihat figur-figur yang cukup akrab di masyarakat yang juga mempunyai hoby photography. Sebutlah Haidar Majid misalnya, anggota DPRD Sulsel ini terlihat larut dalam semarak festival itu. Membawa serta keluarga, tokoh politik yang terkenal ramah ini mengapresiasi kegiatan tahunan ini sebagai ajang memperkenalkan wisata Makassar serta tetap menjaga kesinambungan tradisi layang-layang di kota ini.

Foto by Iskandar Burhan
Dipilihnya pantai Akkarena sebagai tempat berlangsungnya festival dua hari itu sangat tepat. Di samping berada di lokasi pantai berpasir  dengan tiupan angin yang kencang, pantai Akkarena juga masih berada di tengah kota Makassar. Dengan demikian, warga kota bisa dengan gampang  mengakses lokasi ini. “Kami sangat mengapresiasi antusiasme masyarakat untuk ikut menyukseskan Festival Layang-layang 2015 ini. Ke depan kami akan berusaha membuat ajang ini lebih menarik dan lebih semarak lagi”, ucap Muh. Roem.



Penulis: Iskandar Burhan
Email: redaksi@smartcitymakassar.com