MENUJU PILPRES DAN PILEG 2019

Minggu, 04 Oktober 2015

Makassar Butuh Banyak Ruang Publik

Kota Makassar masih butuh banyak ruang publik. Hal ini mengemuka pada diskusi tentang kota yang diselenggarakan Forum Peduli Makassar, Minggu, 4/10. Bertempat di Kedai Kopi & Buku, rembuk kota ini banyak menyoroti masih sedikitnya ruang publik yang ada di kota Makassar.

Keberadaan ruang publik menjadi sorotan yang menarik karena melihat laju perkembangan kota Makassar yang semakin melejit. Bertebarannya hotel, mall dan lahan peruntukan komersial menjadikan wajah kota ini makin ‘terselimut’ beton. “Taman dan ruang terbuka hijau yang menjadi penyanggah kota tetap berwajah humanis, bisa dihitung dengan jari’, ujar Nasrun Azis Abdullah, pemerhati kota yang menjadi nara sumber diskusi ini.


Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar harus meletakkan prioritas perhatian dan kebijakannya pada masalah ruang publik ini. Apalagi konsep “Sombere’ dan Smart City” menjadi panduan arah Makassar ke depan. Ini berarti bahwa warga kota dengan kebutuhannya akan ruang publik tak bisa diabaikan. Penambahan taman kota dan merawat taman yang ada menjadi sangat penting.*** (Iskandar Burhan)